home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Trump Deklarasi Perang Terhadap Miliaran Umat Muslim dan Nasrani Atas Pengakuan Ibu Kota Israel?

Kamis, 07 Desember 2017 22:34 by reinasoebisono | 5401 hits
Trump Deklarasi Perang Terhadap Miliaran Umat Muslim dan Nasrani Atas Pengakuan Ibu Kota Israel?
Image source: Merdeka

DREAMERS.ID - Entah apa yang ada di balik keputusan Presiden Donald Trump mengakui Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel dan memindahkan Kedutaan Besar dari Ibu Kota sebelumnya di Tel Aviv ke kota 3 agama itu. Sejumlah pendapat menilai jika ia tengah melaksanakan janji kampanye, membuat pendukungnya yang pro-Israel puas.

Namun di sisi lain, banyak pihak menilai jika keputusan ini memberi efek ‘berbahaya’ bahkan memicu perang dan mengancam keamanan dunia. Dan ini bukan yang pertama kali Trump mencari musuh dalam manuver politiknya.

Termasuk negara-negara Arab yang murka dan menentang keputusan Doanld Trump tersebut. Contohnya adalah Raja Abdullah dari Yordania yang mengatakan hal tersebut menghalangi upaya perdamaian Israel-Palestina.

Lebih keras, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengancam akan memutuskan hubungan dengan Israel. Sementara Raja Salman dari Arab Saudi mengatakan keputusan Trump mampu memprovokasi Muslim di seluruh dunia, yang diamini oleh diplomat Palestina untuk Inggris, Manuel Hassassian.

"Donald Trump sedang menyulut perang di Timur Tengah. Ia mendeklarasikan perang terhadap 1,5 miliar Muslim dan ratusan juta umat Nasrani yang tak akan menerima kota suci itu berada di bawah hegemoni Israel," kata Hassassian.

Baca juga: Mantan Istri Donald Trump, Ivana Trump Meninggal Dunia

Dari dalam negeri, Gerakan Pemuda (GP) Ansor juga mengatakan hal yang serupa yang meyakini tindakan tersebut berpotensi memperkeruh perdamaian dan memicu perang dunia ke-3.

"Mengecam keputusan Presiden Amerika Serikat Donald Trump yang mengakui Yerusalem sebagai Ibukota dan akan memindahkan Kantor Kedutaan Besar Amerika Serikat ke Yerusalem akan menciptakan instabilitas dan berpotensi besar menimbulkan kerusakan peradaban manusia, tidak hanya di kawasan Timur Tengah, namun juga di seluruh belahan dunia lainnya," ujar Ketua Umum Pimpinan Pusat GP Ansor Yaqut Cholil Qoumas dalam keterangan tertulisnya, Kamis (7/12).

"Bukan tidak mungkin, tindakan konyol Donald Trump ini dapat memicu Perang Dunia ke-3," sambungnya.

Menurut Yaqut, langkah Trump itu menghancurkan proses perdamaian kedua negara yang telah konflik beberapa dekade karena memicu dan rawan isu agama. Yaqut pun mendesak pemerintah RI untuk menolak keputusan Trump mengakui Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel.

"Langkah Donald Trump tersebut telah merobek-robek proses perdamaian antara Israel dan Palestina. Tindakan pemindahan ibukota Israel dari Tel Aviv ke Yerusalem sangat berpotensi menjadi isu agama yang sangat sensitif karena Yerusalem adalah Kota Suci bagi tiga agama dunia," paparnya.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)