home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Peringkat Demokrasi Indonesia di Tingkat Dunia Anjlok Drastis Karena Ahok Dipenjara

Rabu, 31 Januari 2018 11:50 by reinasoebisono | 1508 hits
Peringkat Demokrasi Indonesia di Tingkat Dunia Anjlok Drastis Karena Ahok Dipenjara
Image source: Catholic Herald

DREAMERS.ID - Kasus penistaan agama yang dilakukan oleh Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama jadi sorotan publik dalam mau pun luar negeri. Namun sebuah lembaga riset bisnis dan ekonomi asal Inggris mengemukakan jika pemenjaraan pria bernama Ahok itu berdampak pada citra bangsa.

Melansir CNN, Democracy Index 2017 yan diterbitkan oleh Economist Intelligence Unit menyebut Indonesia mengalami kemunduran karena drama Pemilu Gubernur DKI Jakarta tahun lalu. Mirisnya, hal ini jadi sorotan karena Indonesia anjlok 20 peringkat.

"di mana gubernur petahana, Basuki Tjahaja Purnama, yang datang dari masyarakat minoritas, dipenjara karena dugaan penistaan agama." Tulis keterangan resmi pada Rabu (31/1).

Proses gelombang protes besar-besaran di jalan, demonstrasi, hingga akhirnya Ahok dikalahkan oleh pesaingnya Anies Baswedan-Sandiaga Uno serta dinyatakan bersalah dan dimasukkan penjara untuk hukuman 2 tahun membuat Indonesia turutn dari posisi 48 ke 68 di peringkat demokrasi dunia.

Baca juga: Wacana Premium Dihapus Namun Sulit Karena Mafia Migas, Ahok Setuju!

Penilaian Indeks Demokrasi ini sendiri ditentukan berdasarkan lima kategori: proses pemilihan umum, kebebasan sipil, fungsi pemerintahan, partisipasi politik dan budaya politik.

"Demokrasi Asia mengalami tahun yang rusuh. Setelah membuat perkembangan pesar di ... Indeks Demokrasi dalam beberapa tahun terakhir, Asia dan Australasia mengalami kemunduran terbesar antara 2016 dan peninjauan terakhir kami pada 2017." Tulis rilis itu lagi. "Dua demokrasi berkembang terbesar di Asia, India dan Indonesia, mengalami penurunan nilai yang signifikan,"

Peringkat negara dengan nilai demokrasi tertinggi ditempati oleh Norwegia dengan skor 9,87 dari 10, diikuti oleh Islandia, Swedia, Selandia Baru, Denmark, Irlandia, Kanada, Australia, Finlandia, Swis, Belanda, Luxembourg, Jerman, Inggris dan Austria.

Sementara Amerika yang kerap menjunjung tinggi demokrasinya justru berada di posisi 21 dan masuk dalam kategori ‘demokrasi cacat’. Di mana Indonesia dengan nilai 6.39 juga masuk dalam kategori yang sama.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)