home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

BTS Sindir Halus Praktik Ilegal di Industri Musik Saat Tampil di MGA 2018?

Rabu, 07 November 2018 16:00 by fzhchyn | 5342 hits
BTS Sindir Halus Praktik Ilegal di Industri Musik Saat Tampil di MGA 2018?
Image source: star.mk.co.kr

DREAMERS.ID - Ajang MBC Plus x Genie Music Awards (MGA) 2018 telah digelar meriah pada 6 November. Selain memberikan penghargaan untuk para artis atas prestasi dan pencapaian dalam setahun terakhir, penampilan pengisi acara di atas panggung juga sangat dinantikan, termasuk BTS yang berhasil memborong banyak piala.

BTS tampil membawakan beberapa lagu hitsnya, dan juga melakukan kolaborasi dengan Charlie Puth. Namun saat mereka tampil membawakan lagu ‘I’m Fine’ dan ‘IDOL’, fans khususnya menemukan sesuatu yang menarik dengan outfit yang dipakai Jin.

Jin terlihat edgy mengenakan white shirt dan tight black pants. Jika diperhatikan memang tidak ada yang aneh dengan penampilannya, namun huruf S besar yang tercetak di kemeja tersebut rupanya memiliki arti yang lain.

Pakaian seperti ini pernah dikenakan oleh band punk rock Amerika Dead Kennedys saat mereka diundang untuk tampil di Bay Area Awards tahun 1980 silam. Semua personel band mengenakan kemeja putih dengan huruf S hitam besar yang dicat di bagian depan ditambah dasi untuk membentuk simbol dolar.

Baca juga: HYBE Klaim Min Hee Jin Pakai Dukun untuk Menjalankan Perusahaan Termasuk Wamil BTS

Pada saat itu Dead Kennedys diminta tampil membawakan lagu underground  hits mereka yang berjudul ‘California Über Alles’. Namun baru 15 detik menyanyikan lagu tersebut, mereka menghentikan penampilan dan mengganti lagu dengan membawakan ‘Pull My Strings’, sebuah lagu sindiran keras terhadap etika industri musik mainstream.

Dead Kennedys memang dikenal sering mengangkat isu-isu politik, menyindir politikus, dan juga budaya populer bahkan gerakan punk itu sendiri, serta menyinggung payola di industri musik. Payola sendiri dalam industri musik merupakan praktik ilegal di mana perusahaan label atau pihak lain yang berkepentingan membayar stasiun radio untuk memutar lagu artis tertentu baik dengan uang maupun barang.

Bagaimana menurutmu Dreamers? Apa ini bentuk sindiran halus BTS untuk industri musik atau hanya kebetulan?

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Weverse Con Festival 2024 yang diselenggarakan oleh platform komunitas penggemar Weverse dan HYBE, telah mengumunkan lineup lengkapnya! Sebanyak 24 artis K pop akan tampil di Inspire Entertainment Resort dari tanggal 15 hingga 16 Juni....
  • HOT !
    Girl grup PURPLE KISS secara resmi mengumumkan rencana mereka untuk menggelar tur konser bertajuk BXX mulai pertengahan tahun ini di 18 kota yang telah dikonfirmasi....
  • HOT !
    Tim produksi The Fiery Priest 2 sebelumnya telah mengumumkan bahwa Kim Nam Gil, Honey Lee dan Kim Sung Kyun kembali membintangi drama tersebut, bersama BIBI. Aktor Sung Joon juga dikonfirmasi bergabung....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)