home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ulasan Media Jepang Sebut Jokowi Presiden Populer Dari Keluarga Miskin Tukang Kayu

Senin, 01 Juli 2019 15:26 by reinasoebisono | 1059 hits
Ulasan Media Jepang Sebut Jokowi Presiden Populer Dari Keluarga Miskin Tukang Kayu
Image source: Kumparan

DREAMERS.ID - Media anyar asal Jepang, The Japan Times  mengulas profil Presiden Joko Widodo yang baru terpilih kembali menjadi Presiden RI. Dengan bahasa yang sedikit nyeleneh, ulasan itu tertera dalam artikel profil para pemimpin G20.

Artikel tersebut dipublikasikan di laman situs maupun surat kabar The Japan Times dalam rangka KTT G20 di Osaka, Jepang pada tanggal 28-29 Juni 2019 kemarin. Secara garis besar, media tersebut menyebut Jokowi orang biasa yang menjabat jadi presiden.

The Japan Times membeberkan rekam jejak Jokowi sebaai pemimpin beken yang awalnya berasal dari keluarga miskin dan berprofesi sebagai tukang kayu. Jokowi disebut gemar blusukan dan mengunjungi komunitas lokal, terutama wilayah miskin dan berbincang terkait masalah-masalah mereka.

Artikel ini juga menyoroti kesuksesan Indonesia dalam menyelenggarakan Asian Games 2018 serta kesediaan Jokowi menjadikan Indonesia sebagai tuan rumah Olimpiade 2032 mendatang. Jika terwujud, hal ini mengukuhkan Indonesia sebagai negara pertama di Asia Tenggara.

Tak ketinggalan, The Japan Times  juga menyebut Jokowi sebagai pribadi yang gemar mengendarai sepeda motor dan mengarkan musik cadas, heavy metal. Berikut kutipannya dilansir dari Suara:

Baca juga: Resmi, Menhan Prabowo Sandang Bintang 4 Di Pundaknya

Presiden Joko Widodo atau yang dikenal sebagai Jokowi, pria berusia 58 tahun ini populer di kalangan publik sebagai orang pertama dari rakyat biasa yang menjabat Presiden indonesia. Dia lahir dari keluarga miskin yang berprofesi sebagai tukang kayu.

Lawatan ke Jepang ini menyusul terpilihnya kembali Jokowi dalam pemilihan presiden pada April sehingga memperpanjang masa jabatannya hingga 2024. Jokowi pertama kali terpilih untuk memimpin negara dengan 260 juta penduduk itu pada 2014.

Lahir di Solo, provinsi Jawa Tengah, pada 1961, Jokowi belajar kehutanan di Universitas Gadjah Mada dan sukses dalam membidani bisnis ekspor furniturnya.

Jokowi terpilih sebagai Wali Kota Solo pada 2005 dan Gubernur DKI Jakarta pada 2012, di mana dia cepat memperoleh popularitas dengan teratur mengunjungi komunitas lokal, khususnya daerah miskin dan menghabiskan waktu berbicara dengan penduduk soal masalah kota seperti banjir dan transportasi. Dia melanjutkan kegiatan tersebut setelah terpilih sebagai presiden.

Setelah sukses menggelar Asian Games musim panas lalu, Jokowi menyatakan kesediaannya menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Panas pada 2032 sebagai negara Asia Tenggara pertama yang melakukannya. Dia suka mengendarai sepeda motor dan mendengarkan musik heavy metal.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)