home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Alasan Miris Mengapa Investor Lebih Memilih 'Tanam Uang' di Malaysia dan Vietnam Ketimbang Indonesia

Kamis, 05 September 2019 17:21 by reinasoebisono | 1508 hits
Alasan Miris Mengapa Investor Lebih Memilih 'Tanam Uang' di Malaysia dan Vietnam Ketimbang Indonesia
Image source: Istimewa

DREAMERS.ID - Presiden Joko Widodo diketahui sempat ‘murka’ beberapa waktu lalu karena kecewa Indonesia belum optimal menjaring investasi. Hal ini sebenarnya juga dipengaruhi oleh dampak perang dagang dengan Amerika Serikat (AS) yang membuat banyak perusahaan Cina melakukan relokasi kegiatan operasionalnya.

Perusahaan-perusahaan potensial ini justru masuk ke Vietnam, Malaysia, Kamboja dan Thailang. Tidak ada satu pun yang menanamkan uangnya ke Indonesia.

"Dari investor-investor yang kita temui, dan catatan yang disampaikan Bank Dunia kepada kita, dua bulan yang lalu ada 33 perusahaan di Tiongkok keluar, 23 memilih Vietnam, 10 lainnya pergi ke Malaysia, Thailand, Kamboja. Nggak ada yang ke kita," tegas Jokowi di depan para menteri Kabinet Kerja, Rabu (4/9).

Dipilihnya Vietnam pun bukan tanpa alasan karena negara ini dinilai memiliki keunggulan dibanding Indonesia dalam menarik minat investor Cina, mengutip Detik.

Baca juga: Terungkap, Inilah 10 Nama Perusahaan dan 'Sultan' Yang Turut Investasi Rp 20 T Di IKN

Ketua Komite bidang Kerjasama Kamboja, Laos, Myanmar, dan Vietnam Kadin Indonesia Juan Gondokusumo juga mengakui kelebihan yang dimiliki Vietnam dan Kamboja sampai Malaysia sehingga pengusaha China mau berinvestasi atau merelokasi perusahaannya di sana.

 "Ini lebih keamanan dan stabilitas yang diterapkan di situ, lebih merasa nyaman bagi investor," kata Juan. "Di situ nggak mungkin ada demonstrasi. Jadi itu stabil. Lalu produktivitas mereka lebih tinggi dari kita,"

Kondisi aman semacam itu   bisa dilihat dan tidak adanya demonstrasi para pekerja di sana. Keadaan inilah yang dinilai berbanding terbalik dengan Indonesia, buruh kerap melancarkan demonstrasi, terutama soal kenaikan upah setiap menjelang akhir tahun.

"Kenapa kok lebih menarik Vietnam dan Kamboja, terutama dua ini, karena mereka berlomba lomba agar orang (investor) masuk dan membuat suasana investasi itu nyaman bagi investor. Ada tax, macam macam (kelonggaran) dibuat sedemikian rupa agar mereka (investor) nyaman," kata Juan.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)