home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Berbagai Poin Pidato Jokowi di Pemakaman Habibie: Selamat Jalan Mr. Crack

Kamis, 12 September 2019 19:30 by reinasoebisono | 1057 hits
Berbagai Poin Pidato Jokowi di Pemakaman Habibie: Selamat Jalan Mr. Crack
Image source: CNN Indonesia

DREAMERS.ID - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi Inspektur Upacara di pemakaman Presiden Ketiga RI BJ Habibie, tepatnya di Taman Makam Pahlawan Utama (TMPU) Kalibata, Jakarta Selatan pada Kamis (12/9) hari ini.

Jokowi sempat mengungkapkan hal ini adalah sebuah kehormatan untuknya, termasuk dalam memberikan sambutan untuk melepas Habibie. Jokowi pun juga menyematkan julukan-julukan yang melekat pada diri Habibie selama ini.

"Selamat jalan Mr Crack, selamat jalan sang pionir. Kami akan selalu mengingat pesanmu," ujar Jokowi. "Dengan penuh rasa duka cita yang mendalam pada hari ini kita semua seluruh rakyat Indonesia berkabung atas wafatnya Presiden ketiga Habibie,"

Jokowi menilai sosok Habibie adalah seorang negarawan sejati, inspirator dan ilmuwan yang patut dijadikan teladan. Pun dengan Indonesia, telah kehilangan putra terbaiknya hari ini. Ia mengajak segenap khalayak untuk mengenang jasa Habibie yang membangun fondasi demokrasi Indonesia setelah Orde Baru runtuh pada 1998.

Baca juga: Resmi, Menhan Prabowo Sandang Bintang 4 Di Pundaknya

"Terlihat dari kisah perjalanan beliau. Di masa muda, tidsk memikirkan dirinya tapi tentang bangsa. Tidak hanya berpikir untuk Indonesia satu atau dua tahun mendatang, tetapi almarhum berpikir membangun Indonesia untuk 50 sampai 100 tahun," ujar Jokowi.

"Sampai di masa senjanya beliau masih mengingatkan pentingnya sdm Indonesia untuk diisi dan dikuatkan dengan agama, ilmu pengetahuan, dan kebudayaan," katanya via CNN Indonesia.

BJ Habibie sendiri mendapatkan julukan Mr. Crack punya satu penemuan penting yang membuat sosoknya diperhitungkan di tengah ahli kedirgantaraan Jerman yakni progression crack theory atau teori keretakan. Ia  menemukan cara untuk mengantisipasi struktur badan pesawat yang membuatnya menjadi lebih kuat. Temuan itu mampu mengantisipasi kecelakaan dengan meningkatkan faktor keselamatan penerbangan.

Teori ini bisa mengkalkulasi keretakan pesawat karena proses lepas landas dan membagi rancang bangun desain pesawat modern untuk menghindari kecelakaan. Hitung-hitungan Habbie dinilai sangat mendetail karena sampai ke tingkat atom material pesawat.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)