home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Termasuk YG, 13 Label Musik dan Agensi Korea Tuntut Situs MelOn Atas Pembagian Royalti

Kamis, 30 Januari 2020 13:45 by muthiasp | 2092 hits
Termasuk YG, 13 Label Musik dan Agensi Korea Tuntut Situs MelOn Atas Pembagian Royalti
Image source: Naver

DREAMERS.ID - Salah satu situs musik terbesar di Korea Selatan, MelOn, tengah diselidiki atas kasus dugaan tidak membagikan royalti kepada sejumlah artis dan label maupun agensi. Hal itu membuat 13 label musik termasuk agensi mengajukan tuntutan ganti rugi.

Berdasarkan laporan dari outlet media lokal Korea, Edaily, 13 perusahaan yang terlibat dalam distribusi musik telah mengajukan tuntutan kepada Kakao, perusahaan yang menangani MelOn saat ini, dan CEO Shin dari LOEN Entertainment, ke Pengadilan Negeri Seoul pada 31 Desember 2019.

Mereka mengajukan tuntutan ganti rugi senilai 5 miliar won atau sekitar Rp 57,4 miliar, atas royalti yang belum dibayarkan. Sembilan dari 13 perusahaan yang menuntut MelOn diantaranya adalah Sony Music Entertainment Korea, Warner Music Korea, Danal Entertainment, Digital Record, NHN Bugs, Yejeon Media, YG Entertainment, YG Plus, dan Universal Music.

Baca juga: Melon dan Circle Chart Tidak Akan Menghitung Streaming Lagu dalam Mode Mute

Pengacara yang mewakili mereka, Lee Dong Geun, mengatakan, “Terdakwa (MelOn) secara sewenang-wenang mengubah metode penyelesaian atau menciptakan perusahaan virtual untuk memperoleh royalti yang semula dimaksudkan untuk didistribusikan ke Sony Music dan perusahaan terkait musik lainnya”.

Perusahaan yang tidak disebutkan namanya dalam gugatan itu juga menjelaskan mengapa mereka mengajukan keberatan terhadap MelOn, “Sisi MelOn telah mengatakan mereka akan memberikan kompensasi, tetapi harus ada dasar untuk kompensasi, Kami mengajukan gugatan untuk mengklarifikasi kasus ini, untuk membuat tuntutan kami lebih spesifik”.

Kakao, yang saat ini merupakan perusahaan induk Melon, menyatakan bahwa mereka telah memulai investigasi internal mengenai kompensasi atas perusahaan yang terkena dampak, dan akan terus berkonsultasi dengan perusahaan yang terkena dampak untuk mengkonfirmasi rincian sebelum mengambil langkah lebih lanjut.

(mth)

Komentar
  • HOT !
    BTS akan membuka pop up store bertajuk 'MONOCHROME' di berbagai negara untuk merayakan anniversary debut mereka yang ke 11!...
  • HOT !
    Dalam konferensi pers darurat pada Kamis (25/4), Min Hee Jin menekankan bahwa dia tidak memiliki rencana untuk merebut hak manajemen, dengan mengatakan, “Saya seorang CEO yang digaji."...
  • HOT !
    Dalam konferensi pers yang digelar Kamis (25/4), Min Hee Jin membahas reaksi NewJeans di tengah perseteruannya dengan HYBE....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)