home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Jokowi Minta Hati-hati Renovasi, Sebut Akan Ada 'Terowongan Silaturahmi' Antara Masjid Istiqlal dan Katedral

Jumat, 07 Februari 2020 10:36 by reinasoebisono | 1711 hits
Jokowi Minta Hati-hati Renovasi, Sebut Akan Ada 'Terowongan Silaturahmi' Antara Masjid Istiqlal dan Katedral
Image source: Detik

DREAMERS.ID - Perlu diingat jika renovasi total Masjid Istiqlal telah dimulai sejak tahun lalu. Renovasi yang pertama kali dilakukan sejak 41 tahun lalu itu menelan biaya Rp 475 miliar. Presiden Jokowi yang pada Jumat (7/2) pagi ini juga memberikan komentar dan target dari proyek yang telah dijalankan.

"Renovasi total Masjid Istiqlal sudah dimulai tahun lalu. Kita harapkan nanti sebelum Ramadhan sudah bisa selesai sehingga bisa dipakai. Ini adalah renovasi besar sejak 41 tahun yang lalu," ujar Jokowi melansir Detik.

"Rp 475 miliar yang dipakai untuk memperbaiki, memoles lantai, mengganti karpet, lightning, sound system, semuanya. Menambah basement yang di depan, parkirnya basement-nya ditambah sehingga nanti parkir tidak masuk ke sini," kata Jokowi.

"Juga pembangunan landscape di luar, bukan hanya interior, eskterior semuanya dibangun. Sungai yang ada di lingkaran Istiqlal semua diperbaiki sehingga tamannya menjadi lebih bagus lagi,"

Baca juga: Resmi, Menhan Prabowo Sandang Bintang 4 Di Pundaknya

Jokowi juga mengatakan jika renovasi akan selesai pada bulan April 2020 sehingga bisa dipakai saat bulan Ramadhan. Ia juga menekankan untuk renovasi ini dilakukan dengan hati-hati. "Tapi memang banyak hal yang memang tidak bisa dikerjakan karena heritage, ini adalah warisan pusaka sehingga pengerjaannya harus hati-hati, tidak boleh merusak,"

Yang menarik adalah, Presiden Jokowi mendapat usulan pembuatan terowongan yang menghubungkan Masjid Istiqlal dengan Gereja Katedral. Terowongan yang dimaksud adalah terowongan bawah tanah dan dinamai Jokowi dengan terowongan silaturahmi.

"Tadi ada usulan dibuat terowongan dari Masjid Istiqlal ke Katedral. Tadi sudah saya setujui sekalian, sehingga ini menjadi sebuah terowongan silaturahmi," kata Jokowi. "Tidak kelihatan berseberangan, tapi silaturahmi. Terowongan bawah tanah. Sehingga tidak nyeberang, sekarang pakai terowongan bawah, terowongan silaturahmi,"

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)