home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Mnet 'Produce' Dikenai Denda Miliaran Rupiah Atas Kasus Manipulasi Voting

Selasa, 15 September 2020 10:05 by muthiasp | 298 hits
Mnet 'Produce' Dikenai Denda Miliaran Rupiah Atas Kasus Manipulasi Voting
Image source: Naver

DREAMERS.ID - Selain sanksi hukum yang masih diproses, seri program survival Mnet Produce 101 juga dikenai sanksi denda ratusan juta atas kasus manipulasi voting berdasarkan putusan Komisi Standar Komunikasi Korea (KCSC).

Pada bulan Agustus lalu, KCSC mengumumkan bahwa denda akan dikenakan pada keempat musim dari seri Produce 101 karena "tingkat manipulasi yang belum pernah terjadi sebelumnya". Ini adalah tingkat sanksi tertinggi KCSC.

Setelah final Produce X 101 pada Juli 2019, acara tersebut terunglap melakukan kecurangan dari suara berbayar pemirsa yang menentukan lineup member grup X1. Investigasi menemukan bukti manipulasi suara di masing-masing dari empat musim program survival Produce 101.

KCSC menyatakan pada bulan Agustus, "Mereka tidak hanya memanipulasi hasil, menipu penonton, dan menghalangi persepsi publik yang adil, tetapi masalah yang paling serius adalah pengkhianatan atas kerja keras para peserta dalam program audisi."

Baca juga: Seong Hyun Woo Menangkan Gugatan Terkait Ketidakadilan yang Dialami Saat Jadi Trainee

Selama pertemuan pada 14 September, KCSC memutuskan denda 30 juta won (sekitar Rp 377 juta) untuk setiap musim acara yakni Produce 101, Produce 101 Season 2, Produce 48, dan Produce X 101. Sehingga total denda maksimum yang dikenakan kepada mereka menurut hukum yang berlaku adalah 120 juta won atau sekitar 1,5 miliar rupiah.

KCSC menyatakan, "Selain kerugian parah yang terjadi pada penonton dan peserta, merupakan masalah serius bahwa jaringan tidak memiliki sistem verifikasi apa pun, meskipun hampir empat tahun manipulasi sistematis terhadap hasil suara penonton."

Di sisi lain pada bulan Mei, direktur produksi Ahn Joon Young, kepala produser Kim Yong Bum, dan enam perwakilan agensi hiburan dijatuhi hukuman atas tuduhan terkait kasus manipulasi suara Produce 101. Ahn Joon Young dan Kim Yong Bum, serta penuntut, telah mengajukan banding atas hukuman tersebut, dan persidangan kedua sedang berlangsung.

(mth)

Komentar
  • HOT !
    BTS akan membuka pop up store bertajuk 'MONOCHROME' di berbagai negara untuk merayakan anniversary debut mereka yang ke 11!...
  • HOT !
    Dalam konferensi pers darurat pada Kamis (25/4), Min Hee Jin menekankan bahwa dia tidak memiliki rencana untuk merebut hak manajemen, dengan mengatakan, “Saya seorang CEO yang digaji."...
  • HOT !
    Dalam konferensi pers yang digelar Kamis (25/4), Min Hee Jin membahas reaksi NewJeans di tengah perseteruannya dengan HYBE....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)