home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Mengintip Keindahan 3 Lokasi Eksotis Indonesia yang Jadi Cagar Biosfir UNESCO

Kamis, 12 November 2020 07:30 by RandyW | 866 hits
Mengintip Keindahan 3 Lokasi Eksotis Indonesia yang Jadi Cagar Biosfir UNESCO
Dreamers.id

DREAMERS.ID - Kekayaan alam di Indonesia tidak perlu diragukan lagi. Pada sidang ke-32 The International Co-ordinating Council of UNESCO's Man and the Biosphere Programme (MAB-ICC) tahun 2020, UNESCO menetapkan 25 cagar biosfer di dunia yang mana tiga diantaranya adalah dari Indonesia.

Adalah Bunaken Tangkoko Minahasa, Karimunjawa Jepara Muria, dan Merapi Merbabu Menoreh sebagai UNESCO Biosphere Reserves atau Cagar Biosfir UNESCO. Simak ulasan pesona ketiga tempat itu berikut ini.

1. Bunaken Tangkoko Minahasa


Image Source: Klix Travel

Bunaken Tangkoko Minahasa terletak di Sulawesi Utara dengan luas 746 hektar. Kawasan ini terdapat beberapa tempat yang bagus seperti pesisir dengan terumbu karang dan lamun, hutan bakau dan pesisir, pulau-pulau, dan ekosistem darat.

Melansir dari detik.com, Bunaken Tangkoko Minahasa memperoleh keuntungan dari produksi kakao, kopi, perikanan, dan ekowisata. Cagar ini merupakan ekosistem vulkanik yang memiliki keanekaragaman hayati bawah laut yang sangat kaya.

Baca juga: SEVENTEEN Sampaikan Pesan Solidaritas dan Harapan di Forum Pemuda UNESCO

2. Karimunjawa


Image Source: wisatakita.com

Karimunjawa Jepara – Muria ini memiliki ekosistem unik yang merupakan gabungan kepulauan, dataran rendah dan pegunungan. Ekosistem cagar juga termasuk pulau-pulau kecil, ekosistem laut, hutan hujan tropis dataran rendah dan pegunungan.

Terdapat tiga kawasan lindungnya mencakup lebih dari 120.000 hektar, yakni Taman Nasional Karimunjawa, Hutan Lindung Gunung Muria, dan Cagar Alam Gunung Celering, yang mana warganya hidup dari pertanian tradisional dan perikanan.

3. Merapi Merbabu Menoreh


Image Source: jogjainside.com

Gunung merbabu yang terletak di Jawa Tengah, mendapat pengakuan dari UNESCO sebagai cagar biosfer dengan luas 255 hektar. Dikutip dari detik.com, tipe hutan pegunungan Jawa-Bali di lokasi tersebut melindungi keanekaragaman hayati di wilayah Indo / Malaya serta formasi batu kapur di wilayah Menorah.

(rnd)

Komentar
  • HOT !
    Rexona meluncurkan inovasi terbarunya, Rexona Vitamin+Bright yang tidak hanya memberikan perlindungan terbaik dari keringat ataupun bau badan sekaligus mencerahkan kulit ketiak, namun juga mendukung perempuan Indonesia untuk terus bergerak aktif penuh percaya diri....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 telah sukses digelar! Sebuah ajang audisi untuk mencari DJ (Dreamers Jockey) atau penyiar radio ini berlangsung di Boxies 123 Mall, Bogor pada 9 Maret lalu....
  • HOT !
    Pada 18 Februari lalu, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)