home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Fans Kampanye 'Tidak Ada K-Pop di Planet Mati' Desak Agensi Ikut Melawan Perubahan Iklim

Kamis, 09 Desember 2021 17:10 by muthiasp | 1050 hits
Fans Kampanye 'Tidak Ada K-Pop di Planet Mati' Desak Agensi Ikut Melawan Perubahan Iklim
Image source: KPOP4PLANET

DREAMERS.ID - Fans K-Pop tidak sekedar bersenang-senang dengan mengeluarkan banyak uang demi idola, tetapi juga turut peduli terhadap perubahan iklim yang semakin ekstrim saat ini. Mereka bahkan mendesak agensi untuk ikut serta dalam gerakan menyelamatkan bumi.

Sekitar 10.000 penggemar K-pop dari 83 negara telah meminta perusahaan hiburan besar untuk bergabung dalam perjuangan global melawan perubahan iklim, dengan mengatur gerakan ramah lingkungan dan menahan diri untuk tidak menggunakan plastik saat memproduksi album penyanyi.

"Saat ini, ada lebih dari 100 juta pengikut K-pop di seluruh dunia dan pengaruh budaya K-pop tumbuh setiap hari," ujar Lee Da Yeon, seorang aktivis di platform aksi iklim yang digerakkan oleh penggemar Kpop4Planet, mengatakan dalam acara Konferensi Sustainable K-Entertainment di Majelis Nasional.

Dilansir dari laman Korea Times, selama acara tersebut, Lee mengeluarkan pernyataan atas nama 10.000 penggemar K-pop, menyerukan industri musik di Korea untuk memainkan peran yang lebih aktif dalam memerangi krisis iklim.

"Mengingat pengaruhnya yang besar, K-pop harus lebih bertanggung jawab dalam menangani isu-isu global seperti perubahan iklim, dan label rekaman seperti HYBE, SM dan YG Entertainment harus mendengarkan suara para penggemar yang meminta mereka untuk bergabung dengan gerakan ramah lingkungan untuk generasi mendatang."

"Tidak akan ada K-pop di planet mati," jelasnya. Lee kemudian menyarankan apa yang bisa dilakukan oleh para agensi, “Perusahaan dapat mengurangi penggunaan plastik terlebih dahulu saat memproduksi album dan merchandise penyanyi mereka,” katanya.

"Ada banyak cara mereka dapat membatasi jejak karbon mereka selama konser juga. Dalam kasus penyanyi, mereka mungkin merilis lagu tentang perlunya mengambil bagian dalam program aksi iklim," papar Lee.

Baca juga: Fans K-Pop Ramai Naikkan Tagar Boikot Agensi Melawan Zionis Israel

Lebih lanjut, Lee menjelaskan fakta perubahan yang sudah terjadi seperti Chungha, misalnya, mengeluarkan album ramah lingkungan, Querencia, pada bulan Februari dan begitu pula penyanyi Jay B. Serta BLACKPINK sebagai duta niat baik untuk Konferensi Perubahan Iklim ke-26 (COP26).

Cedarbough Saeji, seorang profesor Studi Korea dan Asia Timur di Universitas Nasional Pusan, menggemakan sentimen ini, menawarkan cara tambahan bagi industri K-pop untuk go green.

"Untuk berkomitmen pada gerakan ramah lingkungan, perusahaan hiburan dapat mempertimbangkan untuk menghentikan penggunaan light stick plastik dan menciptakan cara baru bagi penggemar untuk menunjukkan kekaguman mereka, seperti spanduk," katanya.

Saeji juga menyarankan, "Meretrofit tempat konser lama untuk mengurangi limbah dalam panas dan pendinginan dan mengurangi penggunaan bahan bakar diesel di festival luar ruangan mungkin menjadi pilihan lain."

Profesor itu mengatakan bahwa label rekaman juga dapat mempertimbangkan untuk melarang botol plastik sekali pakai dan hanya menyajikan makanan organik untuk katering.

"Mengundang pendidik lingkungan untuk mendirikan stan di konser dan mempublikasikan tujuan dan hasil gerakan ramah lingkungan kepada penggemar juga dapat membantu," tambahnya.

Mengikuti pidato Lee dan Saeji, Cho Han Kyu, wakil presiden Kakao M Entertainment, mengatakan, "Menyelenggarakan konser netral karbon tanpa menurunkan kualitasnya tampaknya menjadi kunci masalah ini. Saya pikir kita perlu diskusi yang lebih mendalam dengan pejabat perusahaan kami dan artis untuk mencari tahu bagaimana kami dapat mencapai tujuan seperti itu."

(mth)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)