home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Girl Group K-Pop Tunjukkan Popularitas Global di Tahun 2022

Senin, 10 Oktober 2022 11:40 by fzhchyn | 583 hits
Girl Group K-Pop Tunjukkan Popularitas Global di Tahun 2022
Dreamers.id

DREAMERS.ID - Daftar negara dengan penikmat musik girl group K-Pop semakin beragam seiring dengan popularitas mereka secara global. Menurut Circle Chart (sebelumnya Gaon Chart), Korea hanya menyumbang 3,7% dari views YouTube BLACKPINK di tahun 2022.

India memiliki pangsa terbesar dengan 10,0%, diikuti oleh Thailand dengan 8,4%, Indonesia dengan 6,9%, Filipina dengan 5,8%, Meksiko dengan 5,5%, dan Vietnam dengan 5,1%. Sementara Brasil 4,5% dan AS 4,1%.

Berdasarkan gambar di atas, views YouTube BLACKPINK di Korea adalah 4,4% pada 2019, tetapi turun 0,7% dalam tiga tahun. Namun hal ini dapat diartikan sebagai perluasan fandom secara global.

Peneliti Circle Chart Kim Jin Woo mengatakan, "Pada 2019, 30,8% pemirsa berasal dari Indonesia dan Thailand, menunjukkan agak bias di negara tertentu," dan menambahkan, "Tetapi pangsa gabungan menurun menjadi hampir setengahnya, 15,3%, tahun ini."

Baca juga: Jungkook BTS Raih Double Million Seller dengan 'GOLDEN'

Thailand adalah negara asal anggota Lisa, dan di sanalah mereka mendapatkan popularitas di tahap awal. Namun seiring dengan meluasnya fandom ke seluruh dunia, BLACKPINK berhasil dicintai oleh berbagai negara selain “kota kelahiran” seperti Korea dan Thailand.

Fenomena serupa juga terlihat pada girl group populer lainnya. Ketika peneliti Kim melihat views  YouTube dari girl group besar di Korea, IVE 24,6%, NewJeans 36,9%, LE SSERAFIM 7,8%, aespa 21,2%, dan TWICE 6,2%.

Dapat dilihat bahwa IVE, NewJeans, dan LE SSERAFIM, grup pendatang baru yang memulai debutnya kurang dari setahun yang lalu dan memiliki aktivitas luar negeri yang relatif sedikit, telah menarik perhatian global.

TWICE di tahun ketujuh debutnya menunjukkan globalisasi fandom yang lebih besar menurut tahun debut mereka, di mana views YouTube mencapai 93,8%. Secara khusus, karena semakin populer di Jepang dengan proporsi penayangan di negara tersebut mencapai 21,8%.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Gitaris Sungha Jung akan kembali menggelar tur konser di Indonesia setelah enam tahun. SUNGHA JUNG 2024 Live In Indonesia akan digelar di lima kota sepanjang bulan Juni....
  • HOT !
    Girl group rookie Candy Shop siap untuk comeback dengan member baru Julia! Pada 14 Mei, Brave Entertainment mengungkapkan bahwa grup asuhannya akan comeback pada bulan Juni mendatang....
  • HOT !
    aespa resmi meluncurkan lagu pra rilis Supernova dan video musiknya pada tanggal 13 Mei pukul 6 sore KST. Lagu tersebut merupakan salah satu lagu utama dari full album perdana aespa, Armageddon....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Maisaveron
Cast : Jimelsa Anatasha (OC) , Nam Joo Hyuk = Alvaro Gomer Jianheeng, All Member Infinite, Kim Mi Ra

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)