home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Selain Lee Seung Gi, Dispatch Ungkap Artis Lain Juga Jadi Korban Penipuan Hook Entertainment

Sabtu, 24 Desember 2022 12:00 by muthiasp | 1683 hits
Selain Lee Seung Gi, Dispatch Ungkap Artis Lain Juga Jadi Korban Penipuan Hook Entertainment
Dreamers.id

DREAMERS.ID - Lee Seung Gi baru-baru ini mengajukan gugatan pidana terhadap CEO hingga Direktur Hook Entertainment atas dugaan penipuan dan penggelapan dana. Rupanya, artis lain di agensi tersebut diduga ikut menjadi korban.

Dalam tajuk eksklusif “Kebenaran di Balik Hook Entertainment Menghubungkan Keluarga Lee Sun Hee dengan Penghasilan Lee Seung Gi,” Dispatch mengekspos penipuan dan penggelapan uang artis yang dilakukan CEO Kwon Jin Young.

Dia dan lima orang lainnya diklaim mengeksploitasi hingga 3% dari pendapatan yang dibawa tidak hanya oleh Lee Seung Gi tetapi juga aktor Youn Yuh Jung, Lee Seo Jin, dan Park Min Young.

Pada Januari 2011, Lee Seung Gi menandatangani kontrak untuk merek fesyen outdoor dengan bayaran sebesar 500 juta won (sekitar Rp 6 miliar won dengan kurs saat ini). Namun 10% dari pendapatan dikecualikan sebagai “biaya agensi”, yang hasilnya adalah 50 juta won (sekitar Rp 600 juta).

Ini berarti iklan tersebut menghasilkan pendapatan sebesar 450 juta won. Sesuai kontraknya, Lee Seung Gi membagi 4:6 dengan Hook Entertainment. Jadi, secara total, dia mendapatkan 180 juta won, sementara Hook Entertainment menghasilkan 270 juta won.

Tetapi di kemudian hari, "biaya agensi" terungkap hanya 7%. Dispatch mengklaim bahwa tiga persen dari biaya yang dibayarkan Lee Seung Gi masuk ke kantong orang lain.

Dilacak dari tanda terima, Dispatch menemukan bahwa 3% biaya yang hilang dibagi antara Eksekutif A, Eksekutif B, Eksekutif C Hook Entertainment sebelumnya. Dan saat ini, dibagikan juga ke Teman D dan Teman E CEO Kwon Jin Young, dan Anggota Keluarga Lee Sun Hee (artis senior sekaligus mentor Lee Seung Gi) F.

Baca juga: Dispatch Bongkar Skema Penggelapan Dana Hook Entertainment, Ada 6 Orang Terduga Pelaku

Dispatch memperoleh detail pembayaran untuk kontrak komersial Hook Entertainment. Informasi yang diperoleh termasuk tanda terima untuk kontrak iklan Lee Seung Gi, Lee Seo Jin, Youn Yuh Jung, Park Min Young, dan pendapatan artis pengelola lainnya dari kesepakatan komersial.

Satu persen dari pendapatan dari iklan merek furnitur Youn Yuh Jung diklaim diberikan kepada Anggota Keluarga Lee Sun Hee. Satu persen dari pendapatan dari iklan peralatan pijat Park Min Young diberikan kepada Teman CEO Kwon Jin Young.

Berdasarkan perhitungan, Eksekutif A telah mengantongi setidaknya 600 juta won dari 1% “bagian” mereka dari 3%. Eksekutif B dan Eksekutif C masing-masing telah memperoleh sekitar 400 juta won.

Teman D dari CEO Kwon Jin Young telah mengambil sekitar 50 juta won,  sementara Anggota Keluarga Lee Sun Hee telah menghasilkan sekitar 130 juta won. Secara total, enam orang yang terlibat telah menggelapkan uang  hingga 1,8 miliar won dari artis Hook Entertainment.

Meskipun Eksekutif A, B, dan C dapat berargumen bahwa 1% saham adalah "insentif" untuk keterlibatan mereka dalam mewujudkan kesepakatan komersial, Dispatch mempertanyakan apakah, secara hukum,  seharusnya artis yang membayar.

Dispatch mengonfirmasi bahwa kontrak Lee Seung Gi, Youn Yuh Jung, Lee Seo Jin, dan Park Min Young dengan Hook Entertainment menyatakan, “Artis akan bertanggung jawab atas semua biaya untuk agensi, broker, dan mitra,” dan, per kontrak, Hook Entertainment membebankan biaya 10%.

Namun, Dispatch juga menemukan bahwa Hook Entertainment hanya membayar biaya kepada agensi yang terlibat, dll.

(mth)

Komentar
  • HOT !
    Weverse Con Festival 2024 yang diselenggarakan oleh platform komunitas penggemar Weverse dan HYBE, telah mengumunkan lineup lengkapnya! Sebanyak 24 artis K pop akan tampil di Inspire Entertainment Resort dari tanggal 15 hingga 16 Juni....
  • HOT !
    Girl grup PURPLE KISS secara resmi mengumumkan rencana mereka untuk menggelar tur konser bertajuk BXX mulai pertengahan tahun ini di 18 kota yang telah dikonfirmasi....
  • HOT !
    Tim produksi The Fiery Priest 2 sebelumnya telah mengumumkan bahwa Kim Nam Gil, Honey Lee dan Kim Sung Kyun kembali membintangi drama tersebut, bersama BIBI. Aktor Sung Joon juga dikonfirmasi bergabung....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)