home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Susah Tidur? Hati-hati Bahayanya!

Rabu, 15 Mei 2013 12:30 by citra09 | 6878 hits
Susah Tidur? Hati-hati Bahayanya!
womansday.com

Kualitas tidur yang baik merupakan salah satu kunci utama untuk kembali segar dan bersemangat menjalani aktivitas. Salah satu hal yang dapat merusak kualitas tidur adalah jika kita mengalami yang namanya susah tidur. Kita bisa menjadi lebih merasa lelah, sensitif, atau malah jika sudah parah, maka kita bisa mengalami gangguan kesehatan. Dikutip dari Ehow, inilah 4 bahaya yang ditimbulkan jika kita mengalami susah tidur:

Baca juga: 5 Makanan dan Minuman yang Baik Dikonsumsi Sebelum Tidur, Agar Nyenyak

1. Berkurangnya Kewaspadaan Mental
Dalam jangka pendek, kurang tidur dapat mengurangi kewaspadaan mental. Menurut WebMD, hilangnya 90 menit waktu tidur dapat menurunkan kewaspadaan mental sebesar 32 persen. Jika kewaspadaan berkurang, dapat menyebabkan seseorang mengalami kecelakaan saat beraktivitas. Menurut National Highway Traffic Safety Commission, 100 ribu kecelakaan mobil terjadi akibat kurangnya kewaspadaan mental karena kurang waktu tidur.

2. Kualitas Hidup
Kurang tidur bisa mengurangi kualitas hidup, sehingga sulit bagi kita untuk menikmati kegiatan sehari-hari. Jika kurang waspada dan mudah merasa lelah, kita mungkin tidak dapat terlibat dalah aktivitas keluarga seperti travelling dan kegiatan lainnya. Sulit tidur juga bisa membaut seseorang merasa murung, tertekan, tegang dengan hubungan sosialnya.

3. Obesitas
Kurang tidur dapat meningkatkan konsumsi konsumsi kalori dan berat badan. Menurut penelitian yang dipresentasikan di konferensi American Heart Association, seseorang yang kurang tidur akan memakan kalori lebih banyak ketika ia bangun. Wanita memakan 300 kalori, sedangkan pria memakan 200 kalori lebih banyak dari yang seharusnya. Selain itu, wanita juga cenderung memilih makanan yang mengandung banyak lemak saat ia sulit tidur.

4. Penyakit Serius
Seiring berjalannya waktu, kebiasaan sulit tidur dapat membuka kemungkinan bagi kita untuk terkena penyakit serius. Kurangnya waktu tidur terkait dengan gangguan stroke, depersi dan obesitas. Tak hanya itu, kita juga berisiko mengalami tekanan darah tinggi, serangan jantung atau gagal jantung.

Komentar
  • HOT !
    Rexona meluncurkan inovasi terbarunya, Rexona Vitamin+Bright yang tidak hanya memberikan perlindungan terbaik dari keringat ataupun bau badan sekaligus mencerahkan kulit ketiak, namun juga mendukung perempuan Indonesia untuk terus bergerak aktif penuh percaya diri....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 telah sukses digelar! Sebuah ajang audisi untuk mencari DJ (Dreamers Jockey) atau penyiar radio ini berlangsung di Boxies 123 Mall, Bogor pada 9 Maret lalu....
  • HOT !
    Pada 18 Februari lalu, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)