home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Chittorgarh Fort, Saingan Taj Mahal Sebagai Bangunan Tanda Cinta

Selasa, 02 Juli 2013 16:32 by nessamantha | 3492 hits
Chittorgarh Fort, Saingan Taj Mahal Sebagai Bangunan Tanda Cinta
worldfortravel.com

Tidak salah jika kita mengatakan India adalah kota cinta. Selain ada Taj Mahal yang merupakan tanda cinta Raja Shah Jahan untuk istri ketiganya, Mumtaz Mahal, ada juga Benteng Chittorgarh atau Chittorgarh Fort.

Benteng yang terletak di kota Chittogargh, Rajasthan, India ini dibangun pada abad ke-7. Benteng yang dibangun di atas perbukitan seluar 2,8 km2 ini merupakan mas kawin dari Raja Iwan Fals Rawal untuk putri Solanki.

Selain sebagai mas kawin, benteng ini juga merupakan ibukota Mewar selama 834 tahun. Dinasti ini didirikan oleh Raja Iwan Fals Rawal, yang merupakan pendiri dan penguasa dalam hierarki Sisodia Mewar pada tahun 734 M.

Benteng yang memiliki titik tertinggi di ketinggian 1.075 m terletak di tepikiri sungai Berach. Benteng ini juga menjadi ikon di sebuah kota baru bernama Chittorgarh, atau dikenal juga dengan Kota Bawah, yang dikembangkan setelah tahun 1568 M.

Baca juga: Wah, Vaksin Kini Jadi Masuk Paket Travel untuk Dongkrak Geliat Wisata?

Dulu di dalam benteng ini terdapat sekitar 84 penampungan air yang berbentuk kolam dan sumur. Namun saat ini, penampungan air yang berfungsi untuk menampung air dari mata air sekitar dan curah hujan ini hanya tersisa 22 buah saja.

Penampungan air ini tidak bisa dianggap remeh karena dengan daya tampung sebanyak 4 miliar liter air, air-air ini bisa memenuhi kebutuhan air untuk 50.000 orang pasukan. Bahkan pada masa kejayaannya, bisa menyediakan air secara percuma untuk empat tahun lebih.

(nes)

Komentar
  • HOT !
    Rexona meluncurkan inovasi terbarunya, Rexona Vitamin+Bright yang tidak hanya memberikan perlindungan terbaik dari keringat ataupun bau badan sekaligus mencerahkan kulit ketiak, namun juga mendukung perempuan Indonesia untuk terus bergerak aktif penuh percaya diri....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 telah sukses digelar! Sebuah ajang audisi untuk mencari DJ (Dreamers Jockey) atau penyiar radio ini berlangsung di Boxies 123 Mall, Bogor pada 9 Maret lalu....
  • HOT !
    Pada 18 Februari lalu, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)