home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Wow, Vietnam Miliki Gua Terbesar di Dunia Setinggi 40 Lantai!

Kamis, 03 Oktober 2013 11:18 by miko | 2723 hits
Wow, Vietnam Miliki Gua Terbesar di Dunia Setinggi 40 Lantai!
hdwpapers.com

DREAMERSRADIO.COM - Asia Tenggara merupakan wilayah tropis yang banyak menyimpan keindahan alam. Kali ini keindahan alam yang menakjubkan terdapat di Vietnam, dimana negara itu memiliki Gua Son Doong. Gua ini menjadi yang terbesar di dunia dengan tingginya setara gedung pencakar langit 40 lantai.

Dilansir dari Metro, Gua yang telah diakui UNESCO tersebut ditemukan pada tahun 1991 oleh seorang penduduk lokal yang tak sengaja melihat pintu masuknya. Tetapi penelusuran secara total baru dilakukan pada tahun 2009 lalu oleh pasangan suami istri penjelajah gua asal Inggris.

Hasilnya, para ilmuwan pun dibuat takjub setelah mengeksplorasi gua Son Doong. Gua terbesar di dunia pun kini disandang Son Doong karena panjang gua mencapai 8 km dan lebar 198 meter. Didalam terdapat hutan, sungai, danau, stalaktit raksasa, air terjun, bahkan 150 gua kecil yang ada didalamnya.

Baca juga: 200 Negara Berjuang, Bagaimana Bisa Tiga Negara ASEAN Ini Nol Kematian Virus Corona?

Ukuran gua ini memiliki luas lebih besar 5 kali dari Gua Rusa di Malaysia yang sebelumnya memegang titel terbesar didunia.  Sementara itu, para peneliti memperkirakan gua ini terbentuk 2-5 juta tahun lalu akibat gerusan aliran sungai dibawah gunung.

Butuh waktu 36 jam untuk menjelajahi seluruh gua yang kepekatan serta keheningan di dalamnya menantang bagi para penjelajahnya.

“Kegelapannya sangat membingungkan dirimu terutama saat mencapai kawasan danau, aku tak akan melupakannya,” tutur seorang turis, Simon Dunne.

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)