home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Kuota Internet Cepat Habis? Ini 4 Penyebabnya

Minggu, 26 April 2015 19:11 by reinasoebisono | 7311 hits
Kuota Internet Cepat Habis? Ini 4 Penyebabnya
Image source: kompas.com

DREAMERSRADIO.COM - Zaman sekarang, hidup tanpa kuota sepertinya belum lengkap. Smartphone mahal, spesifikasi tinggi dan baterai tahan lama tidak ada artinya tanpa koneksi internet dan kuota yang mencukupi. Apa daya tarif internet di Indonesia masih terbilang mahal dan tidak stabil.

Terkadang hal itu yang membuat kita harus berhemat. Tapi daripada wara-wiri cari Wi-Fi gratisan, mendingan simak dan kurangi hal-hal yang suka membuat kuota cepat habis di bawah ini.

1. Sering upload video

Mengirim video atau upload video ke suatu situs seperti Youtube menguras kuota internet yang lumayan banyak. Namun semua ini bergantung pada setting dan berbagai faktor lain juga. Video resolusi high-definition (HD) bisa menghabiskan kuota sampai 200 MB per menit!

2. Video Chat/Call

Layanan obrolan video seperti Skype dan FaceTime tergolong boros kuota internet karena membutuhkan banyak bandwidth. Tapi kembali lagi tergantung resolusi video yang kamu gunakan.  Umumnya, video call menguras 3 MB per menit.

3. Online Game

Baca juga: Tips Agar Kuota Internet Hemat Selama WFH

Ini yang kadang tidak disadari pengguna smartphone. Bermain online game pelan-pelan mengambil banyak kuota apalagi game yang meng-update tiap hari seperti ranking atau point pemain. Game yang memiliki visual keren juga cepat mengambil kuota internet.

4. Streaming Video

Menonton video favorit secara online memang kadang suka lupa waktu. Jika tidak ingat kuota tiris, tidak bisa berhenti ya, Dreamers. Streaming trailer film yang hanya 1-2 menit saja bisa boros kuota internet.

Jadi jangan lupa, streming video merupakan salah satu penyebab borosnya kuota internet, karena konsumsi datanya bisa mencapai 50 MB per menit. Mungkin bisa diakali dengan men-download-nya terlebih dulu bila kamu suka menonton video berulang-ulang. ^^

Semua masalah di atas mungkin tidak menjadi masalah dengan adanya Wi-Fi. Tapi jika sekiranya kamu sedang berada di tempat yang jauh dari Wi-Fi dan harus berhemat kuota, hindari dulu hal-hal di atas agar tetap bisa berkomunikasi atau melakukan hal lain yang lebih penting dalam menghabiskan kuota internet.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Jeon Somi, yang memulai debutnya sebagai idola pada usia 16 tahun dan sukses sebagai penyanyi solo, bersiap untuk meluncurkan brand kecantikannya sendiri ‘GLYF’ pada bulan April mendatang....
  • HOT !
    Festival dance K Pop 'K CIRCLE' tahun ini diadakan secara global yang meliputi beberapa negara di Asia. Menjelang Grand Final, akan diadakan event K Circle, di mana sang juara akan menjadi wakil Indonesia untuk bersaing dengan negara lain....
  • HOT !
    Giselle aespa secara resmi diumumkan sebagai brand ambassador merek mewah asal Spanyol, LOEWE. Penampilannya saat menghadiri Paris Fashion Week menjadi perbincangan hangat....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : StrongBaby
Cast : -Amber Josephine Lu f(x) -Lee Seunghyun Bigbang -Lee Gikwang B2ST -Son Dongwoon B2ST -Lot Of Cameo

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)