home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Sambut Ramadhan, Cari Tahu Tips Khusus Agar Lancar Berpuasa Bagi Penderita Maag

Jumat, 05 Juni 2015 14:26 by fzhchyn | 2030 hits
Sambut Ramadhan, Cari Tahu Tips Khusus Agar Lancar Berpuasa Bagi Penderita Maag
Image source: brightfirel

DREAMERSRADIO.COM - Saat berpuasa, perut tentu perut akan kosong karena tidak mendapat asupan makanan sampai waktu buka. Meski tak ada makanan yang masuk tapi lambung terus bekerja, sehingga bagi penderita maag hal ini bisa membuat nyeri di perut.

Tapi jangan khawatir, asalkan puasa dilakukan dengan pola yang sehat, penderita maag bisa tetap menjalani puasa dengan lancar dengan memperhatikan hal-hal berikut.

1. Tidak melewatkan sahur

Penyakit maag bisa disebabkan karena terlalu lambung memproduksi zat asam secara berlebihan. Hal ini menyebabkan lambung mengalami iritasi karena meningkatnya asam lambung dan lambung kosong terus bekerja.

Penderita maag sebaiknya tidak melewatkan santap sahur. Karena hal ini sangat penting. Sahur dapat mencegah kekosongan lambung sehingga tingkat keasaman lambung terjaga.

Inilah hal yang menyebabkan maag bisa kambuh, karena tingginya asam lambung yang dapat menyebabkan perut perih. Jangan lupa untuk mengkonsumsi obat lambung untuk membantu menetralisir produksi asam lambung berlebih.

2. Hindari makanan asam dan pedas

Baca juga: Shin Tae Yong Berencana Diskusi dengan Pemimpin Agama Berharap Pemain Tidak Berpuasa Jelang Laga

Sebaiknya saat sahur dan berbuka menghindari makanan yang dapat membuat asam lambung meningkat seperti makanan asam dan pedas. Serta hindari makanan yang menggunakan bahan-bahan tambahan seperti lada, cabau, cuka ataupun asam.

3. Jangan langsung tidur setelah sahur

Penting untuk tidak langsung tidur setelah sahur. Karena hal ini dapat menyebabkan lambung terasa sakit ketika bangun bagi penderita maag.

4. Olahraga

Berolahraga juga baik untuk dilakukan. Jangan takut merasa lelah dan haus saat berolahraga. Karena berolahraga dapat merangsang otak untuk memproduksi hormon katekolamin yang dapat mengurangi asam lambung. Dengan kata lain olahraga disaat berpuasa mencegah kambuhnya penyakit maag.

Dreamers, bagi kamu penderita maag jangan khawatir untuk menjalani ibadah puasa. Justru berpuasa dengan pola sehat bisa mengatasi masalah sakit maag loh!

(mya/fzh)

Komentar
  • HOT !
    Rexona meluncurkan inovasi terbarunya, Rexona Vitamin+Bright yang tidak hanya memberikan perlindungan terbaik dari keringat ataupun bau badan sekaligus mencerahkan kulit ketiak, namun juga mendukung perempuan Indonesia untuk terus bergerak aktif penuh percaya diri....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 telah sukses digelar! Sebuah ajang audisi untuk mencari DJ (Dreamers Jockey) atau penyiar radio ini berlangsung di Boxies 123 Mall, Bogor pada 9 Maret lalu....
  • HOT !
    Pada 18 Februari lalu, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)