home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Wow, Ayam Langka Berkaki ‘Gajah’ Ini Dijual Hingga Puluhan Juta Rupiah!

Senin, 22 Juni 2015 19:56 by Dits | 6718 hits
Wow, Ayam Langka Berkaki ‘Gajah’ Ini Dijual Hingga Puluhan Juta Rupiah!
Image source: Odditycentr

DREAMERSRADIO.COM - Ayam Dong Tao adalah jenis ayam langka yang memiliki keunikan pada kakinya. Ayam yang dijuluki kaki ‘gajah’ ini beratnya bisa mencapai hingga enam kilogram. Dong Tao merupakan jenis ayam yang sangat populer di Vietnam.

Dilansir dari laman Odditycentral, meski penampilannya telihat aneh, namun ayam yang memiliki kaki setebal pergelangan tangan manusia ini dulunya dijadikan persembahan ritual. Namun, berjalannya waktu, kini dagingnya disajikan secara ekslusif di restoran mewah khusus untuk orang – orang kaya.

Image source: odditycentral.com  

Ayam Dong Tao memiliki bulu berwarna-warni. Dagingnya konon dianggap jauh lebih lezat dari ayam biasa, tingginya permintaan pasar membuat harga jual ayam ini sangat mahal. Satu kilogram ayam dibanderol dengan harga VND 350.000-400.000 atau sekitar Rp. 213 ribu - Rp 244 ribu. Namun khusus ayam yang memiliki kaki sangat besar dan kuat dihargai sekitar VND 5-6 juta atau setara Rp 3 juta hingga Rp 3,6 juta rupiah.

Harga ayam ini akan kian meningkat setiap perayaan Tet atau Tahun Baru Vietnam. Bahkan, seorang peternak dari Ho Chi Minh pernah menolak menjual ayamnya jika dibeli kurang dari VND 50 juta atau sekitar Rp 30,5 juta.

Image source: odditycentral.com

Baca juga: 200 Negara Berjuang, Bagaimana Bisa Tiga Negara ASEAN Ini Nol Kematian Virus Corona?

Asalnya ayam unik ini dari Provinsi Hung Yen, namun peternakannya terletak di Dong Hoa, Provinsi Dong Nai. Peternakan itu dimiliki oleh Vu Ngoc Tuan, dan ia telah memiliki 400 pasang yang siap diternak. Vu Ngoc Tuan juga diketahui sebagai penyuplai lusinan ayam ke restoran-restoran HCM setiap harinya.

Dibutuhkan waktu satu tahun untuk mengembang biakan ayam-ayam Dong Tao untuk menjadi dewasa sepenuhnya. Menurut Tuan, ayam betina Dong Tao lebih sedikit bertelur dibanding ayam biasa. Hal tersebut disebabkan karena kaki besarnya yang membuat proses penetasan telur sulit, sehingga dibutuhkan teknik penetasan manual demi melindungi telur.

(dits)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)