home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Sepakat Berdamai, Delegasi Korut dan Korsel Pasang Wajah Sumringah

Selasa, 25 Agustus 2015 19:14 by ningcil | 14005 hits
Sepakat Berdamai, Delegasi Korut dan Korsel Pasang Wajah Sumringah
Image source: merdeka.com

DREAMERSRADIO.COM - Delegasi Korea Utara dan Korea Selatan kemarin malam (24/8) akhirnya sepakat meredakan ketegangan sejak akhir pekan lalu. Perundingan di kawasan perbatasan Panmunjom ini mencatat beberapa kesepakatan.

Korsel, misalnya, berjanji mengakhiri siaran propaganda anti-Korut lewat speaker di kawasan demiliterisasi. Sementara Korut mencabut status siaga perang yang diumumkan sang pemimpin tertinggi, Kim Jong-un.

BBC melaporkan, Selasa (25/8), perundingan maraton ini berlangsung alot. Baru pada hari keempat, akhirnya Korsel maupun Korut mau melunak. Penasehat Keamanan Korsel, Kim Kwan-jin, mengaku negosiasi selama beberapa hari terakhir termasuk membahas penguatan hubungan Utara-Selatan.

Misalnya memfasilitasi keluarga yang terpisah akibat Perang Korea pada 1950. "Setelah perundingan ini, kedua negara masih akan bertemu lagi untuk membicarakan beberapa isu yang terkait penguatan hubungan," ujarnya.

Baca juga: Korea Utara Kutuk Keras Amerika yang Gunakan Hak Veto Tolak Gencatan Senjata di Gaza

Korut juga mengakui bersalah atas insiden ledakan ranjau yang melukai dua tentara Korsel akhir bulan lalu. Insiden itulah yang memicu Korsel memutar siaran propaganda di perbatasan, sehingga akhirnya kedua negara tegang bahkan saling tembak.

Belum ada laporan soal pengurangan aktivitas militer di perbatasan Korea. Untuk diketahui, setelah tembak menembak antar tentara pecah pada Jumat (21/8), masing-masing negara meningkatkan alutsista di perbatasan.

Korut mengirim 70 persen unit kapal selamnya mendekati perairan Negeri Ginseng. Artileri dari berbagai ukuran ditambah dua kali lipat ke arah Korsel.

Source:
Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)