home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Konsumsi Makanan Ini Saat Remaja Bisa Kurangi Risiko Kanker Payudara di Masa Tua

Selasa, 02 Februari 2016 12:15 by fzhchyn | 2065 hits
Konsumsi Makanan Ini Saat Remaja Bisa Kurangi Risiko Kanker Payudara di Masa Tua
Image source: livestrong.

DREAMERS.ID - Kanker payudara masih menjadi momok yang mengerikan bagi kaum wanita. Meskipun biasanya terjadi pada wanita dewasa, namun berbagai langkah pencegahan bisa dilakukan sejak dini. Misalnya dengan menerapkan pola makan yang baik.

Melansir laman Health, sebuah penelitian besar terbaru menyebutkan bahwa para gadis remaja yang mengkonsumsi banyak serat dalam makanan sehari-hari memungkinkan untuk memiliki risiko kanker payudara lebih rendah di masa depan.

Penelitian yang dipublikasikan secara online pada 1 Februari kemarin di jurnal Pediatrics, mengungkapkan bahwa serat memang tidak serta-merta dapat mencegah kanker payudara, namun para peneliti memberikan beberapa bukti kuat bahwa mengkonsumsi serat memiliki hubungan dengan risiko kanker. Selain itu, penelitian ini juga menunjukkan pentingnya masa remaja.

Beberapa makanan yang kaya akan serat diantaranya, sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

Dalam penelitian sebelumnya, kebanyakan telah gagal mengungkapkan hubungan antara serat dan risiko kanker payudara. Namun hanya dalam waktu satu terakhir ini, beberapa penelian mengungkapkan bahwa konsumsi serat dan kanker payudara memiliki hubungan, menurut Dr. Kathleen Harnden, seorang co-penulis editorial penelitian.

Baca juga: Remaja Rusia Bunuh Diri dalam Siaran Langsung Usai Tonton 'Joker'

“Penelitian baru ini menambah bukti bahwa serat dapat menjadi pelindung sebagian wanita, dan mengkonsumsi serat pada waktu tertentu dalam hidup bisa menjadi sangat penting,” kata Hardnen.

Secara biologis, asupan serat pada masa remaja dapat mengurangi risiko kanker payudara itu sangat masuk akal menurut Hardnen. “Itu adalah waktu saat komposisi tubuh berkembang,” ucapnya.

Secara keseluruhan, penelitian ini menemukan bahwa wanita yang mengkonsumsi lebih banyak serat saat remaja akan memiliki risiko kanker payudara lebih rendah. Konsumsi serat sebanyak 20% saat masa dewasa muda memiliki kemungkinan risiko 19% lebih rendah dibandingkan yang mengkonsumsi serat kurang dari 20%.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Rexona meluncurkan inovasi terbarunya, Rexona Vitamin+Bright yang tidak hanya memberikan perlindungan terbaik dari keringat ataupun bau badan sekaligus mencerahkan kulit ketiak, namun juga mendukung perempuan Indonesia untuk terus bergerak aktif penuh percaya diri....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 telah sukses digelar! Sebuah ajang audisi untuk mencari DJ (Dreamers Jockey) atau penyiar radio ini berlangsung di Boxies 123 Mall, Bogor pada 9 Maret lalu....
  • HOT !
    Pada 18 Februari lalu, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)