home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Yuk, Kita Mulai Pola Makan Sehat

Selasa, 18 Desember 2012 13:00 by citra09 | 2410 hits
Yuk, Kita Mulai Pola Makan Sehat
care2.com

Tidak sedikit penyakit kronis disebabkan dari pola makan yang salah atau kurang sehat. Sebut diantaranya seperti hipertensi, asam urat, gagal ginjal, jantung koroner bahkan kanker. Pola makan yang sehat sebenarnya cukup dengan diimbangi  dengan hidup yang teratur, cukup istirahat, rutin berolahraga, dan menghindari stress.

Berikut beberapa langkah mudah untuk mengawali pola makan yang sehat:

Hindarilah makanan yang berlemak. Biasanya terdapat pada makanan yang dimasak dengan banyak minyak, mentega, margarin, dan santan. Namun hal tersebut bukanlah berarti tubuh manusia tidak membutuhkan lemak. Konsumsi lemak alami sesungguhnya sudah cukup dengan mengonsumsi kacang-kacangan atau biji-bijian.

Hindari makanan yang mengandung bahan pengawet. Kalaupun terpaksa harus membeli makanan yang dalam kemasan, maka pilihlah yang  tanpa pengawet.  Berbagai penelitian menyebutkan, walau mengkonsumsi bahan pengawet dalam dosis dibawah normal, untuk jangka panjangnya, zat pengawet merupakan pemicu utama timbulnya kanker.

Perhatikan cara-cara dalam pembuatan makanan.. Pilihlah makanan yang telah melalui proses pengolahan metode memasak dikukus, direbus atau di tumis dengan sedikit minyak. Cara menggoreng, memanggang dan di bakar kurang dianjurkan untuk dikonsumsi. Karena selain mengandung banyak lemak, cara ini juga merusak nilai gizi makanan karena panas yang tinggi.

Hindari menambahkan bumbu-bumbu penyedap secara berlebihan. Unsur senyawa monosodium glutamat yang terdapat di dalam bumbu penyedap memang enak di lidah namun tidak untuk kesehatan.

Baca juga: Sebenarnya Ada Lho Waktu Terbaik dan Terburuk untuk Makan Buah

Perbanyaklah mengonsumsi buah dan sayuran. Selain badan menjadi sehat, tubuh pun menjadi lebih terjaga dan terbebas dari berbagai risiko penyakit kanker. Buah-buahan dan sayuran mengandung serat yang mengandung zat karsinogen yang merupakan salah satu penyebab kanker. Tapi bukan berarti semua buah itu sehat lho. Hindarilah durian, karena mengandung lemak yang sangat tinggi. Hindari juga emping, karena dapat menyebabkan asam urat. Satu hal yang penting untuk diingat, cucilah dengan bersih sayuran dan buah sebelum dimakan untuk mengindari kontaminasi.

Hindari makanan jeroan. Lemak, otak, makanan bersantan, kulit ayam dan kuning telur. Makanan-makanan tersebut merupakan penyebab obesitas dan ganguan kardiovaskular. Alihkan pilihan kepada daging non-lemak, makanan berkuah bening, susu low fat, soya, yoghurt, putih telur serta ikan sebagai sumber protein.

Banyak minum air putih. 80% tubuh kita terdiri dari cairan, jika kita kekurangan kadar cairan, maka kinerja dari beberapa organ vital ikut terganggu. Jangan mengonsumsi minuman beralkohol, bersoda serta minuman dengan kandungan gula dan kafein tinggi. Jus sayuran dan buah juga baik untuk menjaga dan memelihara kesehatan tubuh.

Jangan terbiasa mengonsumsi makanan dan minuman yang berwarna. Pilihlah makanan atau minuman yang berwarna bening alami, kecuali yang memiliki warna alami seperti coklat, strawberry, dan lain lain.  Karena bahan perwarna pada bahan makanan merupakan salah satu pemicu  utama timbulnya kanker pada tubuh.

(cr: updaterus.com)

Komentar
  • HOT !
    Timnas Indonesia U 23 akan berlaga melawan Timnas Irak U 23 untuk memperebutkan tempat ketiga Piala Asia U 23 agar mengamankan posisi Grup C ke Olimpiade Paris 2024. Seperti yang diketahui, Indonesia dan Irak sama sama tidak lolos ke final Piala Asia U 23 2024 di mana Indonesia kalah dari Uzbekistan sementara Irak dikalahkan Jepang....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 berlangsung sukses! Melalui acara ini, telah menemukan bakat bakat baru yang siap bergabung menjadi announcer di Dreamers Radio....
  • HOT !
    Indonesia Comic Con dengan bangga mengumumkan event terbaru, Indonesia Anime Con (INACON) di acara Kick Off INACON pada tanggal 5 Maret 2024 di Irotikay Infinity. Indonesia Anime Con akan berlangsung pada tanggal 15 16 Juni 2024 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)