home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Dokumen Rahasia Bocor, Ini Nilai Gaji Tentara ISIS Yang Terungkap

Kamis, 28 April 2016 10:45 by reinasoebisono | 3022 hits
Dokumen Rahasia Bocor, Ini Nilai Gaji Tentara ISIS Yang Terungkap
Image source: CNN

DREAMERS.ID - Seberapa bernilaikah menjadi seorang tentara ISIS hingga ratusan bahkan ribuan orang mau menjadi bagian dari kelompok radikal tersebut secara sukarela? Walau menurut beberapa sumber awalnya mereka diiming-imingi harta dan wanita, benarkah sepadan dengan apa yang mereka terima?

Sebuah dokumen rahasia mengungkap berapa sebenarnya gaji tentara ISIS di Suriah dan Irak, basis mereka. Jangan terkejut melihat jumlahnya karena masih ada beberapa tunjangan yang menanti mereka.

Dokumen internal itu didapat oleh seorang peneliti Jihad-Intel Research Fellow, Aymenn Al-Tamimi dari lembaga Middle East Forum. Data dokumen itu, melansir CNN didapat dari aktivis, jurnalis, maupun mantan penduduk di wilayah ISIS.

Dalam dokumen disebutkan, rata-rata gaji tentara ISIS adalah US$50 (Rp659 Ribu) per bulan. Tidak seberapa? Ternyata mereka memiliki serangkaian tunjangan lainnya. Setiap istri militan juga diberi tunjangan dengan nilai sama.

Baca juga: Begini Alasan Anak-Istri Terduga Teroris ISIS Eks WNI Tidak Bisa Ditangani LPSK

Selain itu, setiap anak mendapatkan tunjangan US$35 (Rp460 Ribu). Selain keluarga, ada juga budak dan orangtua yang ditanggung militan juga mendapat tunjangan per bulan US$50 (Rp660 Ribu). Sedangkan anak budak dan orang-orang yang berada di bawah tanggungan ISIS mendapat US$35 (Rp460 Ribu).

Walau hal ini sudah dikonfirmasi oleh tentara ISIS, namun dilaporkan belakangan gaji tersebut dipangkas hingga 50% dengan alasan penghematan, terutama mereka yang berada di Raqqa, area yang diklaim sebagai ibukota ISIS.

Hal ini terjadi karena Amerika semangat menggempur sumber uang mereka, terutama kilang minyak. “Jika ada uang satu dolar di jalanan dan digunakan untuk membuat senjata (ISIS), maka kami akan menghancurkan satu dolar itu,” kata Wakil Komandan AS Jenderal Peter E. Gersten.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)