home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Mirip Olahraga, Simak Manfaat Tarawih Bagi Kesehatan Tubuh

Sabtu, 11 Juni 2016 21:30 by fzhchyn | 2857 hits
Mirip Olahraga, Simak Manfaat Tarawih Bagi Kesehatan Tubuh
Image source: dawn.com

DREAMERS.ID - Ciri khas dari bulan Ramadhan adalah adanya kegiatan sholat Tarawih. Selain menjalankan puasa umat Islam memang dianjurkan untuk melakukan sholat Tarawih pada malam harinya. Tapi tahukah kamu manfaat kesehatan dari sholat Tarawih yang kamu kerjakan?

Menurut Dr Ibrahim B. Syed, Ph, D, profesor kedokteran klinis dari University of Louisville School of Medicine mengungkapkan manfaat Tarawih. Dimana sholat yang jumlahnya lebih dari empat rakaat ini mempunya manfaat untuk kesehatan. Berikut manfaat sholat Tarawih untuk kesehatan seperti diungkapkan dr. Ibrahim:

1. Menjaga kebugaran fisik
Shalat Tarawih mampu meningkatkan daya tahan, stamina, fleksibilitas dan kekuatan tubuh. Sholat Tarawih menghasilkan efek yang sama seperti ketika olahraga jogging atau berjalan, namun tanpa efek samping. Jadi shalat Tarawih akan membawa pada kebugaran fisik yang baik.

2. Mencegah osteoporosis
Orang yang sudah lanjut usia (lansia) cenderung sering mengalami gangguan pada tubuh berupa pegal dan bahkan pengeroposan tulang (osteoporosis). Gangguan ini bisa dicegah melalui sholat Tarawih. Kekuatan otot, tendon, fleksibilitas sendi dan respon kardiovaskular bisa meningkat karena melakukan gerakan shalat secara berulang.

Baca juga: Mengintip Ponpes Al Fatah Magetan yang Sholat Tarawih 8 Jam hingga Santri dari Luar Negeri

3. Membantu program diet
Makanan saat berbuka puasa dan sahur sangat berpotensi meningkatkan berat badan seseorang. Tapi, hal itu bisa dicegah dengan melaksanakan sholat Tarawih sesudah makan saat buka puasa. Melaksanakan Tarawih bisa membantu membakar kalori dalam tubuh, jadi berat badan bisa tetap terjaga.

4. Menenangkan hati dan perasaan
Sholat sejatinya mirip dengan olahraga yang bisa meningkatkan suasana hati dan kualitas hidup sekaligus mengurangi kecemasan dan depresi. Dengan Tarawih dan melafalkan doa serta ayat suci Alquran akan memicu relaksasi yang bisa menurunkan tekanan darah, tingkat pernapasan dan denyut jantung. Sehingga hati akan terasa lega dan lebih tenang.

5. Menghindarkan stres pikiran
Gerakan sujud yang dilakukan berulang kali saat Tarawih akan membantu meningkatkan kadar oksigen dalam otak. Semakin banyak oksigen, maka otak akan terasa segar dan tidak akan terserang stres. Jika sedang stres karena pekerjaan, maka Tarawih agar bisa mendapat petunjuk dan juga kesehatan.

Komentar
  • HOT !
    Rexona meluncurkan inovasi terbarunya, Rexona Vitamin+Bright yang tidak hanya memberikan perlindungan terbaik dari keringat ataupun bau badan sekaligus mencerahkan kulit ketiak, namun juga mendukung perempuan Indonesia untuk terus bergerak aktif penuh percaya diri....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 telah sukses digelar! Sebuah ajang audisi untuk mencari DJ (Dreamers Jockey) atau penyiar radio ini berlangsung di Boxies 123 Mall, Bogor pada 9 Maret lalu....
  • HOT !
    Pada 18 Februari lalu, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)