home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

'Operation Chromite': Kisah Perjuangan Hidup dan Mati Dalam Pertahankan Wilayah Korea Selatan

Minggu, 18 September 2016 20:00 by dodo07 | 1888 hits
'Operation Chromite': Kisah Perjuangan Hidup dan Mati Dalam Pertahankan Wilayah Korea Selatan
Image source: Taewon Ente

DREAMERS.ID - Sebelum menjadi sebuah negara maju seperti saat ini, Korea Selatan juga pernah mengalami masa-masa sulit saat negaranya dijajah. Meski telah menyatakan kemerdekaan di tahun 1950, namun warganya masih harus berjuang mempertahankan wilayahnya melalui jalur Incheon. Peristiwa bersejarah ini pun dikenal dengan ‘Battle of Incheon’.

Film ‘Operation Chromite’ bercerita tentang seorang Jendral Pasukan PBB yang bernama Douglas MacArthur (Liam Neeson) yang ditugaskan untuk mengerahkan pasukan militer untuk menghentikan agresi Korea Utara terhadap Korea Selatan pada 1950. Dalam menjalankan misinya, Douglas MacArthur membentuk sebuah tim operasi militer rahasia bernama Operation Chromite.

Misi dari tim ini adalah mengumpulkan berbagai informasi dari musuh di Incheon dan mendapatkan peta ranjau, menculik perwira nomor dua tertinggi di angkatan bersenjata Korea Utara (Lee Bum Soo) untuk mendapatkan intel tentang lokasi ranjau laut, dan menyalakan lampu di mercusuar Palmido untuk memberi isyarat pada pasukan PBB tersebut.

Baca juga: Review Film Kill Boksoon: Kehidupan Rahasia Ibu Tunggal yang Penuh Darah

Dalam menyelesaikan misi berisiko, Kapten Jang Hak Soo (Lee Jung Jae) dan timnya harus membuat pengorbanan yang luar biasa untuk memastikan kebebasan Korea Selatan. Mereka bahkan rela mengorbankan nyawa demi mempertahankan wilayah negaranya. Film ini juga mengangkat cerita perjuangan 8 tentara Korea Selatan yang memiliki peran penting dalam Pertempuran Incheon.

Lewat film ini, penonton seakan dibawa larut saat peristiwa perang Korea di tahun 1950. Efek cahaya hingga pemilihan efek suara yang pas makin menambah ketengangan saat peristiwa perjuangan ini terjadi. Meski demikian, ada beberapa scene dalam film ini yang menggantung karena tidak ditampilkan lebih mendetail.

(nnd)

Komentar
  • HOT !
    Kim Seon Ho berulang tahun yang ke 38 tahun pada tanggal 8 Mei. Dia merayakan hari spesialnya dengan membuat donasi sebesar 100 juta won atau lebih dari 1 miliar rupiah ke Palang Merah Korea....
  • HOT !
    Byun Woo Seok akan melakukan tur fan meeting Asia! Untuk pertama kalinya sejak debut, bintang drama 'Lovely Runner' ini bersiap untuk bertemu dengan para penggemarnya di berbagai negara....
  • HOT !
    Lee Do Hyun telah dikonfirmasi untuk menghadiri upacara penghargaan Baeksang Arts Awards 2024, di mana dua karyanya dari drama maupun film menerima nominasi....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Annis
Cast : Jung Sisters|Donghae (SUJU)|Minhyuk (CNBLUE)|Lee Min Ho|Luna (fx)|EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)