home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Kinerja 100 Hari Presiden Filipina Duterte: 3.700 Bandar Narkoba Tewas, Sadis Atau Solutif?

Minggu, 09 Oktober 2016 18:00 by reinasoebisono | 1604 hits
Kinerja 100 Hari Presiden Filipina Duterte: 3.700 Bandar Narkoba Tewas, Sadis Atau Solutif?
Image source: Daily Mail

DREAMERS.ID - Sikap ‘main hakim sendiri’ dari Presiden Filipina, Rodrigo Duterte memang dikecam negara barat seperti Amerika Serikat, Uni Eropa bahkan PBB. Namun apa daya jika kebijakan tersebut justru menuai kepuasan dari rakyatnya sendiri?

Sudah 100 hari menjabat, Presiden yang sempat mengunjungi Pasar Tanah Abang ini mendapat respon positif dari rakyatnya. Menurut sebuah survei yang dilakukan akhir September lalu kepada 1.200 responden, sebanyak 76% menyatakan puas atas kebijakan ‘sadis’ Duterte.

Melansir Merdeka, diketahui sudah 3.700 bandar dan pecandu narkoba yang tewas sejak kepemimpinan Duterte. Pria yang memiliki julukan ‘The Punisher’ itu memang telah lama mengecam peredaran narkoba dan bersumpah akan menumpasnya. Kebanyakan dari yang tewas adalah ditembak oleh orang tak dikenal dan dibuang di pinggir jalan.


Pecandu narkoba yang ditemukan tewas di pinggir jalan pemukiman warga Filipina (Daily Mail)

"Sedikitnya 3,7 juta warga Filipina telah menjadi kecanduan metamfetamin (shabu),"  ungkap Duterte mengutip Daily Mail.

Baca juga: Marah Karena SEA Games 2019 Dianggap Kacau, Presiden Filipina Rodrigo Duterte Minta Usut Tuntas!

Mayoritas masyarakat Filipina memang mendukung Duterte yang walau tak terbukti secara gamblang membunuh para bandar dan pecandu narkoba itu. Namun Duterte sempat mengatakan jika ia dengan senang hati membantai 3 juta pecandu yang berada di negaranya.

Tak hanya itu, beberapa waktu lalu Duterte juga mengancam para koruptor jika tidak ingin dikuliti hidup-hidup. Sama-sama mengalami darurat korupsi dan narkoba, mungkinkah kebijakan serupa ampuh diterapkan di Indonesia?

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada Jakarta yang akan memilih Gubernurnya alias Pilgub di akhr tahun 2024 ini diprediksi masih akan jadi persaingan terpanas pemilihan kepala daerah Se Indonesia. Walaupun, statusnya sudah tidak lagi menjadi ibu kota negara Republik Indonesia....
  • HOT !
    Princess of Wales Kate Middleton belum lama ini mengumumkan kondisi kesehatannya dan mengonfirmasi ia mengidap kanker lewat sebuah video penuh haru. Pakar atau ahli Bahasa tubuh pun membeberkan arti dari gestur tubuh Kate Middleton....
  • HOT !
    Beberapa minggu belakangan kembali menyebar rumor heboh tentang Ibu Negar Perancis, Brigitte Macron yang disebut terlahir sebagai pria dan menjadi transgender wanita di kemudian hari. Padahal, rumor itu sudah berhembus tahun lalu dan dibawa ke pengadilan oleh Brigitte Macron dan ia memenangkan kasus fitnah melawan jurnalis yang mengklaim hal tersebut....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Annis
Cast : Jung Sisters|Donghae (SUJU)|Minhyuk (CNBLUE)|Lee Min Ho|Luna (fx)|EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)