home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Bukan Orang Baru, Pelaku Bom Gereja Samarinda Ternyata Mantan Narapidana Kasus Teror

Senin, 14 November 2016 13:18 by tyassss | 810 hits
Bukan Orang Baru, Pelaku Bom Gereja Samarinda Ternyata Mantan Narapidana Kasus Teror
Image source: tempo.co.id

DREAMERS.ID - Tak lama setelah melakukan aksi teror bom di Gereja Oikumene di Samarinda, Kalimantan Timur pada 13 November sekitar pukul 10.00 WITA, sang pelaku akhirnya tertangkap saat mencoba melarikan diri ke Sungai Mahakam.

Setelah diselidiki, ternyata pelaku peledakan ini bukanlah orang baru. Pelaku merupakan mantan narapidana teror bom yang terjadi di Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi di Tangerang pada tahun 2011.

Mengutip Tempo, Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Jenderal Tito Karnavian mengatakan pelaku bernama Joh alias Juhanda alias Jo bin Muhammad Aceng Kurnia, 32 tahun, pernah menjalani hukuman pidana 3,5 tahun pada 2012 dan bebas bersyarat setelah mendapatkan remisi Idul Fitri pada 28 Juli 2014.


Pelaku Bom Samarinda (Tempo)

Baca juga: Muncul Video Pria Mengaku sebagai Penyebar Video Masturbasi Artis dan Atlet

"Pelaku sudah ditangkap. Percayakan kepada penegak hukum untuk menangkap jaringannya," kata Tito kepada Tempo, Minggu, 13 November 2016. Juhanda merupakan anggota kelompok pelaku teror bom buku yang dipimpin Pepi Fernando yang juga divonis hukuman penjara 18 tahun pada awal Maret 2012.

Aktivitas Juhana setelah dibebaskan dari penjara pun tidak diketahui, dan belakangan ini Juhana tinggal di sebuah masjid di Kelurahan Sengkotek, di sekitar Gereja Oikumene. Juhana juga diketahui bergabung dengan kelompok Jemaah Ansyarut Tauhid (JAT) yang didirikan Abubakar Baasyir, terpidana kasus terorisme yang sudah berbaiat (ISIS) ketika ia mendekam di Nusakambangan.

(tys/tempo)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)