home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Inilah Penyakit yang Harus Diwaspadai Setelah Berenang dan Intip Cara Mengatasinya

Kamis, 17 November 2016 14:30 by Dits | 5447 hits
Inilah Penyakit yang Harus Diwaspadai Setelah Berenang dan Intip Cara Mengatasinya
image source: womenshealt

DREAMERS.ID - Berenang jadi salah satu olah raga yang sangat digemari banyak orang. Selain bisa membakar kalori dalam tubuh, berenang juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Namun taukah kamu ternyata ada beberapa penyakit yang bisa ditimbulkan setelah berenang dan harus diwaspadai.

Gejala seperti perut keram, muntah, iritasi kulit, dan rambut rontok merupakan beberapa gejala setelah berenang. Hal tersebut terjadi karena gejala RWI atau Recreational Water Illness. RWI sendiri adalah penyakit yang disebabkan oleh zat kimia berbahaya atau bakteri yang tak sengaja tertelan saat berenang.

RWI biasanya memicu beberapa jenis infeksi seperti infeksi lambung, kulit, telinga, pernapasan, mata, saraf, dan infeksi pada luka terbuka. Akan tetapi gejala yang paling sering muncul adalah diare.

Banyak yang mengira kalau kolam renang yang bersih dan mengandung chlorine berarti kolam tersebut aman. Jangan salah, chlorine tak bisa membunuh semua bakteri dalam kolam renang secara instan. Saat ini telah banyak bakteri dan kuman yang toleran terhadap chlorine dan baru bisa mati beberapa hari kemudian.

Akan tetapi jangan lantas hal tersebut, kamu jadi menghentikan kegiatan berenang, karena ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah tubuh dari RWI ketika akan berenang. Berikut adalah beberapa hal yang bisa dilakukan sebelum berenang, seperti dilansir oleh Health Me Up.

1. Mandi sebelum masuk ke kolam renang.

2. Jangan berenang atau masuk ke kolam renang jika kamu baru saja sembuh dari diare.

3. Cek pH air dari kolam renang dan pastikan kolam renang selalu dirawat dan dibersihkan dengan zat kimia yang aman untuk lingkungan.

4. Ketika kulit mulai gatal-gatal, kamu bisa menggunakan produk krim menthol untuk meredakan rasa gatalnya. Jika tak segera sembuh dalam tujuh hari, konsultasikan ke dokter.

5. Waspadai sakit mata setelah berenang. Jangan gosok mata dengan tangan ketika mata terasa gatal. Jangan menggunakan lensa kontak ketika terjadi iritasi.

6. Kelebihan chlorine dalam air kolam renang bisa menyebabkan rambut rontok. Gunakan penutup rambut saat berenang.

Nah, jika muncul gejala-gejala RWI setelah berenang, sebaiknya segeralah periksakan diri ke dokter.

Baca juga: Berenang Jadi Salah Satu Olahraga yang Efektif Turunkan Berat Badan

(dits/Merdeka)

Komentar
  • HOT !
    Jeon Somi, yang memulai debutnya sebagai idola pada usia 16 tahun dan sukses sebagai penyanyi solo, bersiap untuk meluncurkan brand kecantikannya sendiri ‘GLYF’ pada bulan April mendatang....
  • HOT !
    Festival dance K Pop 'K CIRCLE' tahun ini diadakan secara global yang meliputi beberapa negara di Asia. Menjelang Grand Final, akan diadakan event K Circle, di mana sang juara akan menjadi wakil Indonesia untuk bersaing dengan negara lain....
  • HOT !
    Giselle aespa secara resmi diumumkan sebagai brand ambassador merek mewah asal Spanyol, LOEWE. Penampilannya saat menghadiri Paris Fashion Week menjadi perbincangan hangat....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)