home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Mengenal Praperadilan yang Diajukan Buni Yani Atas Statusnya Sebagai Tersangka

Jumat, 25 November 2016 10:15 by reinasoebisono | 789 hits
Mengenal Praperadilan yang Diajukan Buni Yani Atas Statusnya Sebagai Tersangka
Image source: Republika O

DREAMERS.ID - Buni Yani yang resmi mendapat status tersangka dalam kasus dugaan penyebaran informasi yang menimbulkan rasa kebencian berdasarkan SARA ini memang menyeret Calon Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama sebagai tersangka juga sebelumnya.

Kini, pengunggah ulang video pidato Ahok itu berencana mengajukan praperadilan. Hal ini dilakukan karena pihak Buni Yani mengatakan polisi tidak memiliki alasan substansial untuk menetapkan dirinya sebagai tersangka, melansir CNN.

Memang tidak langsung ditahan, namun polisi telah menerbitkan surat penangkapan terhadap Buni Yani yang lagi-lagi disayangkan oleh kuasa hukum Buni Yani. Karena menurut Kuasa hukum Buni Yani, Aldwin Rahadian, kliennya sangat kooperatif.

Baca juga: Buni Yani Siap Bergabung Dalam Timses Prabowo-Sandiaga Meski Tidak Ditawari?

Praperadilan sendiri adalah istilah hukum Indonesia yang juga wewenang Pengadilan Negeri untuk memeriksa dan memutuskan tentang sah atau tidaknya suatu penangkapan dan atau penahanan atau permintaan tersangka atau pihak lain seperti keluarga.

Jadi, praperadilan yang diajukan Buni Yani adalah karena tidak setuju atas keputusan polisi dan untuk memeriksa apakah dirinya pantas disebut tersangka. Berbeda dengan Ahok yang menerima statusnya sebagai tersangka dan akan segera menjalani persidangan.

Buni Yani sendiri dianggap melanggar Pasal 28 ayat 2 juncto Pasal 45 ayat 2 Undang-undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) karena dengan sengaja atau tanpa hak menyebarkan informasi menyesatkan.

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)