home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Jenazah Kim Jong Nam Resmi Ditukar dengan Warga Malaysia yang 'Disandera' Korut

Jumat, 31 Maret 2017 11:10 by reinasoebisono | 4224 hits
Jenazah Kim Jong Nam Resmi Ditukar dengan Warga Malaysia yang 'Disandera' Korut
Image source: Liputan6

DREAMERS.ID - Tarik ulur status jenazah Kim Jong Nam yang notabene adalah kakak tiri pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un akhirnya menemui titik terang. Sebelumnya, keluarga inti seperti anak dan istri dari Kim Jong Nam meminta jenazah dikirim ke Makau. Namun keluarga Korea Utara meminta jenazah dikembalikan ke Korut.

Melansir CNN, Perdana Menteri Malaysia, Najib Razak mengatakan keputusan akhir jenazah pria yang terbunuh oleh racun VX di Bandara Internasional Kuala Lumpur itu akan dikirim ke Korea Utara. Hal ini disusul dengan penukaran 9 warga Malaysia yang tertahan di Korea Utara.

"Menyusul selesainya autopsi korban dan diterimanya surat keluarga yang meminta jenazah dipulangkan ke Korea Utara, tim koroner sepakat untuk melepaskan jenazah yang bersangkutan," kata Najib.


Image source: Liputan6

Baca juga: Keponakan Ganteng Kim Han Sol Juga Diprediksi Bisa Warisi Tahta Kim Jong Un

Dikuti dari Liputan6, warga Malaysia yang sempat dilarang meninggalkan Korea Utara akhirnya tiba di Bandara Internasional Kuala Lumpur, Sepang pada Jumat subuh (31/3) waktu setempat. Menteri Malaysia, Anifah Aman pun turut menyambut 9 warganya.

Pihak Malaysia memang berusaha keras melindungi warganya yang disebut jadi ‘sandera’ Korea Utara perihal enggannya Malaysia memberitahu proses autopsi jenazah Kim Jong Nam. Namun kini, para warga Malaysia itu ditukar dengan jasad pria yang terbunuh 13 Februari lalu tersebut.

Sebelumnya, banyak spekulasi terkait siapa dalang sebenarnya pembunuh Kim Jong Nam. Korea Selatan menyalahkan Pyongyang atas kasus tersebut meski ditampik oleh Korea Utara. Sementara pelaku pembunuhan yang tertangkap ada dua orang, satu berkewarganegaraan Vietnam sedangkan satu lagi bernama Siti Aisyah yang berkewarganegaraan Indonesia. 

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)