home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Rancangan Undang-undang Larangan Mengusir Penumpang Muncul Pasca Insiden Buruk United Airlines

Selasa, 18 April 2017 12:00 by Dits | 831 hits
Rancangan Undang-undang Larangan Mengusir Penumpang Muncul Pasca Insiden Buruk United Airlines
image source: WCPO.com

DREAMERS.ID - Kejadian pengusiran penumpang maskapai United Airlines penerbangan 3411 yang melayani rute Chicago – Louisville di Bandara Internasional O'Hare, Chicago beberapa lalu menjadi sorotan dunia. Dalam video yang beredar, nampak seorang pria paruh baya bernama Dr. David Dao dipaksa keluar dari pesawat, ia menderita luka-luka akibat membentur sandaran tangan di kursi saat menolak untuk diusir.

Kejadian tersebut dikecam banyak pihak, berbagai cacian ditujukan untuk pihak United Airlines hingga pada akhirnya seorang anggota DPRD Illinois mengajukan rancangan undang-undang yang melarang petugas bagian atau pemerintah daerah mengusir penumpang pesawat.

Baca juga: Memprihatinkan! Pesawat United Airlines Terdampar di Suhu Minus 30 Derajat Celsius hingga Pintu Beku

RUU Airline Passenger Protection Act tersebut disponsori oleh anggota DPRD asal Partai Republik, Peter Breen. Perlakuan pihak United Airlines  terhadap Dao menimbulkan pertanyaan soal kebijakan overbook (kelebihan pesanan) dari maskapai.

Dalam RUU, Breen dijelaskan kalau penumpang tidak diperbolehkan dipindah dari pesawat terkecuali jika penumpang membahayakan dirinya sendiri atau orang lain atau apalabila terjadi gangguan serius dari penumpang.

"Maskapai komersial yang memindahkan pelanggan yang sudah sah menempati kursi pesawat tanpa sebab serius adalah melanggar perjanjian suci antara penumpang dan maskapai mereka," bunyi RUU itu, melansir Antaranews, Selasa (18/4).

RUU itu juga memberi larangan bagi negara bagian Illinois berbisnis atau berinvestasi di maskapai komersial yang tetap mempertahankan kebijakan untuk pemindahan penumpang untuk memberi tempat pada karyawan dengan tiket gratis.

Sementara itu, Dao yang kala itu hendak menuju ke Louisville, Kentucky diketahui tengah  mengalami retak tulang hidung, gegar otak dan kehilangan dua gigi saat mendapat perlakuan buruk dari petugas Departemen Penerbangan Chicago. Kini pria 69 tahun itu masih dirawat di rumah sakit untuk pemulihan.

(dits)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)