home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Jadi Perhatian Publik, Wartawan Ini Rela 'Lempar' Kamera Demi Selamatkan Korban Bom Suriah

Kamis, 20 April 2017 18:33 by reinasoebisono | 2148 hits
Jadi Perhatian Publik, Wartawan Ini Rela 'Lempar' Kamera Demi Selamatkan Korban Bom Suriah
Image source: Daily Mail

DREAMERS.ID - Umumnya, jurnalis dan wartawan terutama fotografer rela melakukan hal yang berbahaya sekali pun untuk mendapatkan berita dan gambar. Termasuk untuk melindungi kamera dan data yang dimilikinya untuk keperluan penyiaran berita.

Namun naluri tersebut nampaknya tak berlaku bagi fotografer perang yang jadi viral ini. Saat sebuah ledakan besar menimpa konvoi atau iring-iringan bus yang membawa pengungsi dari satu desa Suriah yang tengah dievakuasi.

Banyaknya korban yang berjatuhan membuat seorang fotografer bernama Abd Alkader Habak untuk menanggalkan kamera bertugasnya demi menyelamatkan seorang anak laki-laki yang terluka parah akibat ledakan tersebut.


Image source: sbs.com.au

"Peristiwa itu sangat mengerikan, apalagi ketika melihat anak-anak meratap dan sekarat di depan kamu," ungkap Habak mengutip Liputan6. "Jadi saya memutuskan bersama teman-teman saya untuk menyingkirkan kamera kami dan mulai menyelamatkan orang-orang yang terluka,"

Baca juga: Dikejar Waktu, Seperti Ini Kondisi Luluh Lantak Gempa Turki-Suriah yang Renggut 3.500 Jiwa

Beberapa orang berteriak memberitahu Habak untuk membiarkan anak lelaki yang dia bawa karena sudah tewas. Namun Habak tetap mengevakuasinya karena melihat sang anak masih bernafas. Meski begitu, ia mengaku belum tahu apakah anak tersebut selamat atau tidak.

“Aku diliputi emosi. Apa yang aku dan teman-teman (wartawan) lihat itu tidak dapat dijelaskan,” kata Habak lagi. Setelah menyelamatkan anak tersebut, fotografer lain sempat mengabadikan foto Habak yang kembali mengambil kamera lalu terjatuh dan menangis histeris di samping jenazah anak lain yang terlihat terbakar.



Image source: Daily Mail

Melansir Daily Mail, peristiwa nahas tersebut diperkirakan menewaskan 128 orang. Dari beberapa foto yang beredar, terlihat puluhan jenazah masih tergeletak di pinggir bus menunggu dievakuasi.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)