home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Presiden Jokowi Resmikan Hunian Murah DP 1 Persen

Sabtu, 06 Mei 2017 19:30 by dodo07 | 1716 hits
Presiden Jokowi Resmikan Hunian Murah DP 1 Persen
Image source: Biro Setpres

DREAMERS.ID - Dalam rangka menanggulangi masalah hunian di Indonesia, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memang pernah mengungkapkan jika salah satu caranya adalah dengan membangun kompleks perumahan dengan uang muka serta cicilan rendah. Tak lagi hanya wacana, pada Kamis (4/5), akhirnya meresmikan komplek tersebut yang terletak di daerah Bekasi.

Mengingat banyaknya jumlah warga Indonesia yang mencapai 250 juta jiwa serta keterbatasan kemampuan untuk membeli sebuah tempat tinggal, memuat pemerintah tak tinggal diam dan akhirnya meresmikan rumah untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) di Desa Sukajadi, Kecamatan Sukakarya, Bekasi, Jawa Barat.


Image source: Biro Setpres

Kompleks hunian yang sederhana namun rapi ini dapat dijangkau oleh masyarakat dengan uang muka hanya 1 persen atau sekitar Rp 1,12 juta dengan cicilan sekitar Rp 800 ribu per bulan. Hunian murah yang disediakan oleh Presiden Jokowi ini berjumlah sekitar 8.749 unit dan separuh unit telah diselesaikan, seperti dilaporkan Biro Pers Sekretariat Presiden (Biro Setpres).


Image source: Biro Setpres

Baca juga: Resmi, Menhan Prabowo Sandang Bintang 4 Di Pundaknya

Ketersediaan rumah dengan cicilan yang cukup ringan ini memang cocok untuk pegawai dengan gaji minimal Rp 3.5 juta tiap bulan. Untuk mewujudkan hunian murah ini segera terealisasi, pemerintah juga memberikan bantuan uang muka dan administrasi sebesar Rp 4 juta.

Sementara itu, dari 4.000-an unit yang telah selesai dibangun, sekitar 3.600 unit telah terjual karena sudah ada akad jual beli. Rumah minimalis murah yang disediakan oleh pemerintah ini bertipe 25/60 dengan satu kamar mandi dan dua kamar tidur. Cocok untuk keluarga kecil atau pasangan yang baru menikah.

(nnd)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)