home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Pengamanan dan Helikopter Evakuasi untuk Ahok Bersiaga di Sidang Vonis Hari Ini

Selasa, 09 Mei 2017 10:50 by reinasoebisono | 979 hits
Pengamanan dan Helikopter Evakuasi untuk Ahok Bersiaga di Sidang Vonis Hari Ini
Image source: Twitter

DREAMERS.ID - Isu panasnya situasi saat sidang vonis Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok memang santer terdengar. Meski berbagai pihak menghimbau warga khususnya pendemo sidang hari ini untuk tidak bersikap anarkis dan menerima hasilnya, pengamanan cukup tinggi tetap dikerahkan.

Sekitar 5.000 personil kepolisian untuk mengamankan daerah sekitar Kementerian Pertahanan telah disiagakan. Massa kontra Ahok pun dilaporkan Detik telah mulai berdatangan sejak pukul 07.00 pagi yang didominasi massa berpakaian putih-putih dan peci.

Terdapat posko kesehatan dan ambulans, ada pula pagar kawat berduri. Meski begitu, Kapolres Jakarta Selatan menegaskan tak akan menggunakan sejata api dalam pengamanan hari ini. Pihaknya mengaku hanya melakukan pola keamanan sesuai prosedur tetap unjuk rasa.



Image source: Twitter/Detik

"Kita menggunakan protap unjuk rasa, kita tidak menggunakan senjata api. Jadi, kalau terjadi apa-apa, sudah dipastikan tidak ada peluru tajam dari kepolisian," tegas Kombes Pol Iwan Setiawan.

Baca juga: Ketua Majelis Hakim Sidang Kasus Ahok Naik Jabatan

Prosedur standar itu salah satunya adalah gas air mata apabila terjadi sesuatu. Sekat yang biasa diletakkan antara kedua kelompok massa aksi sidang Ahok pun sudah terpasang. Pihak kepolisian pun mempersiapkan empat ring, meliputi ruang sidang hingga simpul-simpul jalan.

Menariknya, sebuah helikopter milik Polri disiagakan di lapangan upacara Kementerian Pertanian, Ragunan. Kepala Subbagian Humas Polres Metro Jakarta Selatan Komisaris Purwanta mengatakan, helikopter ini disiagakan untuk membantu hakim, jaksa penuntut umum, atau terdakwa Ahok melarikan diri dari lokasi sidang manakala terjadi kerusuhan.

"Ini standar operasional prosedur untuk escape bila terjadi chaos. Yang pertama jika terjadi chaos yang sangat besar. Maka target sekarang yang disidang tidak boleh ada gangguan secara psikis," ucap Purwanta.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)