home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Perusahaan Jamu Nyonya Meneer Dinyatakan Pailit Setelah Berdiri Satu Abad

Jumat, 04 Agustus 2017 19:00 by reinasoebisono | 1774 hits
Perusahaan Jamu Nyonya Meneer Dinyatakan Pailit Setelah Berdiri Satu Abad
Image source: Detik

DREAMERS.ID - Sebuah perusahaan bisa dinyatakan dalam kondisi pailit ketika terlibat hutang dan tidak mampu melunasinya. Pernyataan status tersebut umumnya diberikan oleh pengadilan karena sebuah perusahaan tak lagi mampu membayar kreditur.

Jamu Nyonya Meneer, produsen jamu yang sudah tidak asing lagi di kalangan masyarakat Indonesia dinyatakan pailit oleh pengadilan. Pabrik yang terkenal dengan slogan ‘Berdiri sejak tahun 1919’ itu pailit setelah berdiri hampir seabad.

Nyonya Meneer dinyatakan pailit setelah digugat kreditur asal Sukoharjo, Hendrianto Bambang Santoso dan terbukti tidak sanggup membayar hutang. Pailit sendiri adalah proses ketika satu pihak tak dapat membayar utang hingga dimungkinkan harta debitur dapat dibagikan kepada para kreditur sesuai undang-undang yang berlaku.

Baca juga: Kaget, Bos Nyonya Meneer Sangkal Perusahaannya Dinyatakan Pailit?

"Putusannya pembatalan perjanjian damai antara jamu Nyonya Meneer dengan para kreditur. Inti putusannya dinyatakan pailit," kata Humas PN Semarang M Saenal.

Kasus ini dinyatakan sah oleh hakim Pengadilan Niaga Semarang pada 8 Juni 2015 lalu dengan Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU) antara debitor dan 35 kreditor. Pihak yang menggugat, Hendrianto menggugat pailit Nyonya Meneer karena tidak menyelesaikan hutang sesuai prosedur perdamaian. Dari total hutang Rp 7.04 miliar, Hendrianto hanya menerima Rp 118 juta.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)