home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Begini Cara Keren Dean Tanggapi Tuduhan Plagiat Lagu di 'Show Me The Money 6'

Sabtu, 12 Agustus 2017 21:00 by fzhchyn | 2210 hits
Begini Cara Keren Dean Tanggapi Tuduhan Plagiat Lagu di 'Show Me The Money 6'
Image source: The Seoul Story

DREAMERS.ID - Solois sekaligus produser Dean diterpa isu plagiarisme setelah lagu ciptaannya berjudul ‘Where’ ditampilkan dalam program Mnet Show Me The Money 6. Dalam episode yang tayang pada 11 Agustus tersebut, Team Zico & Dean mengalahkan Team Jay Park & Dok2.

Namun karena battle itu, ada kecurigaan jika Team Zico & Dean telah menplagiat lagu DJ Khaled berjudul ‘I’m The One’. Terkait tuduhan tersebut, Dean pun langsung menanggapinya lewat sebuah postingan di akun Instagram pribadinya.

Di postingan pertama, yang sekarang sudah dihapus, Dean mengunggah sebuah video yang membandingkan antara ‘Where’ dan ‘I’m The One’ dan mengatakan, “Apanya yang plagiat? Kalau memakai synth bass adalah plagiarisme maka semuanya pasti plagiat. Diproduseri olehku. Aku bahkan tidak menggunakan lagu DJ Khaled untuk referensi.”

Baca juga: DEAN Siap Rilis Single Baru Setelah 4 Tahun Vakum

Cowok 24 tahun itu menjelaskan, “Chord dan progresinya sangat berbeda, tapi kalau karena mood-nya yang sama, berarti semua lagu di dunia plagiat. Tolong jangan tunjukkan kebodohanmu. Catatan: kirimkan (lagu) ini ke DJ Khaled dan tanyakan padanya apakah itu plagiat atau tidak.”

Lalu di postingan kedua untuk menggantikan postingan pertama yang dihapus tadi, Dean memberikan penjelasan yang lebih mendalam. “Pertama-tama, ‘I’m The One’ ada di G sementara ‘Where’ di AB. Progresi chord, kunci, pola drum, dan semuanya berbeda. Apa yang kalian anggap serupa adalah synth bass dan instrumen tapi banyak genre yang menggunakan synth bass, tidak hanya hip-hop.”

Dean melanjutkan, “Jika itu plagiarisme karena instrumennya, maka semua lagu serupa yang dibuat oleh produser lain adalah plagiat. Ini mungkin sebuah pertunjukkan bagi sebagian orang, tapi bagi seorang seniman ini adalah produk (karya) dari banyaknya waktu dan tenaga dan ini hidup kita.”

(fzh/Soompi)

Komentar
  • HOT !
    Dalam konferensi pers darurat pada Kamis (25/4), Min Hee Jin menekankan bahwa dia tidak memiliki rencana untuk merebut hak manajemen, dengan mengatakan, “Saya seorang CEO yang digaji."...
  • HOT !
    Meskipun tidak bisa tampil bersama karena menyelesaikan tugas militer, para member BTS menemukan cara untuk menjaga penggemar tetap terhubung melalui musik mereka....
  • HOT !
    Gong Yoo dan Song Hye Kyo sedang dalam pembicaraan untuk membintangi drama baru karya sutradara Lee Yoon Jung (Coffee Prince) dan Na Hee Kyung (That Winter the Wind Blows)....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)