home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ini Lho Alasan Presiden Jokowi Pilih Sepeda untuk Dibagikan di Berbagai Kesempatan

Selasa, 29 Agustus 2017 11:15 by reinasoebisono | 1875 hits
Ini Lho Alasan Presiden Jokowi Pilih Sepeda untuk Dibagikan di Berbagai Kesempatan
Image source: Merdeka

DREAMERS.ID - Presiden Joko Widodo punya cara sendiri untuk dekat dengan masyarakat. Bukan lagi dengan blusukan, namun yang jadi tren adalah bagi-bagi sepeda di berbagai kesempatan. Terutama saat dirinya mengunjungi rakyat di berbagai kota.

Tak hanya sekedar bagi-bagi, yang menarik adalah Presiden Jokowi kerap memberi pertanyaan-pertanyaan simpel untuk calon penerima sepeda. Bahkan kegiatan ini juga mulai ditiru oleh Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat. Namun mengapa sepeda?

"Mungkin ada yang bertanya, mengapa sepeda? Mengapa seorang Presiden senang membagi sepeda lewat kuis di setiap acara kunjungan? Mengapa bukan uang, televisi, atau telepon genggam?" tulis Jokowi di laman Facebooknya seperti dikutip VIVA.co.id, Senin, 28 Agustus 2017.

Menurut Jokowi, bersepeda memang sudah jadi kegemarannya dari dulu. Jokowi berkata jika bersepeda itu membuat seseorang mandiri dan bekerja keras. Mulai dari kemajuan dan kecepatan dihasilkan dari usaha sendiri, bukan mesin atau dorongan orang lain.


Image source: Istimewa

Baca juga: Resmi, Menhan Prabowo Sandang Bintang 4 Di Pundaknya

"Pendeknya, bersepeda itu adalah bekerja keras dan mandiri, melaju dalam harmoni dan keseimbangan. Dan karena itulah, saya senang berbagi sepeda di setiap acara dan kunjungan," kata Jokowi melansir Viva.

"Dua tungkai kaki mengayuh pedal seirama, mata memandang awas ke depan, tangan menggengam awas ke depan, tangan menggenggam kemudian seraya jari waspada menarik tuas rem," ujarnya.

Bersepeda itu gambaran kebersamaan dari anggota tubuh yang beragam bentuk, fungsi dan posisi. Dengan mengayuh sepeda, badan bergerak dalam harmoni. Meski dalam bersepda akan menanjak, membungkuk, berbelok, titik berat sepeda selalu ada di tengah-tengah.

"Bersepeda itu untuk semua orang, semua usia, lintas suku dan peradaban. Lagi pula, bersepeda itu sehat, baik buat lingkungan sekitar karena bebas polusi," katanya.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)