home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Bocah Asal Indonesia yang Tinggalkan Sekolah Demi ISIS Diberitakan Tewas di Suriah

Senin, 11 September 2017 10:35 by reinasoebisono | 1984 hits
Bocah Asal Indonesia yang Tinggalkan Sekolah Demi ISIS Diberitakan Tewas di Suriah
Image source: CNN

DREAMERS.ID - Tidak hanya orang dewasa yang memutuskan untuk bergabung dengan ISIS atas nama jihad, namun bocah-bocah Indonesia juga ada yang turut berperang di Suriah. Biasanya, anak-anak itu ‘diboyong’ oleh orang tuanya yang mencari penghidupan lebih baik di sana.

Namun ada seorang bocah asal Indonesia, Hatf Saiful Rasul yang sebelumnya diberitakan berinisiatif bergabung dengan kelompok radikal tersebut. Ia bahkan meninggalkan bangku sekolah dan terbang ke Suriah untuk jadi militan ISIS.

Namun kini, melansir CNN, Hatf dilaporkan tewas setelah terkena serangan udara pada 1 September lalu. Hatf sendiri sempat jadi pemberitaan karena meminta izin langsung pada ayahnya untuk berangkat ke Suriah.


Hatf Saiful Rasul (Detik)

Baca juga: Begini Alasan Anak-Istri Terduga Teroris ISIS Eks WNI Tidak Bisa Ditangani LPSK

Keputusan Hatf untuk bergabung dengan ISIS pertama kali diketahui ketika ia mengunjungi ayahnya, Syaiful Anam di penjara berpengamanan tinggi. Saat itu Pesantren Ibnu Mas’ud tempatnya menimba ilmu sedang musim libur sekolah. Syaiful menceritakan hal itu dalam esai 12 ribu kata yang dipublikasikannya secara online. 

"Awalnya, saya tidak merespon dan menganggapnya sebagai guyonan anak-anak. Tapi itu menjadi berbeda ketika Hatf menyatakan keinginannya secara terus-menerus," tulisnya. 

Kabar ini didapatkan Reuters yang berbicara dengan tiga pejabat anti-terorisme di Indonesia yang mengonfirmasi kebenaran jika Hatf pergi ke Suriah bersama 12 orang lainnya ke Suriah pada tahun 2015. Hingga kini sedikitnya 18 orang dari Ponpes Ibnu Mas’ud telah ditangkap dan didakwa bersalah serta ditahan terkait serangan mematikan di Indonesia dalam 20 bulan terakhir.

Dari pihak Ponpes Ibnu Mas’ud sendiri membantah lembaganya mendukung ISIS dan tidak tahu-menahu soal Hatf atau muridnya yang lain pergi ke Suriah. Namun Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama, Kamaruddin Amin menegaskan Ponpes Ibnu Mas’ud tidak pernah terdaftar sebagai pesantren.  

(rei/image: Visit Korea)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)