home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Dugaan Uber Suap Otoritas Indonesia Mendapat Sorotan Aparat Amerika Serikat

Rabu, 20 September 2017 19:44 by reinasoebisono | 2186 hits
Dugaan Uber Suap Otoritas Indonesia Mendapat Sorotan Aparat Amerika Serikat
Image source: BBC

DREAMERS.ID - Indonesia terseret dalam skandal suap perusahaan transportasi online asal Amerika Serikat, Uber. Platform digital itu tersandung kasus suap yang dikatakan memberikan sejumlah uang kepada otoritas negara terkait demi memuluskan masalah perizinan.

Hal ini dilaporkan oleh Bloomberg yang mewawancarai beberapa sumber, hingga akhirnya Departemen Kehakiman AS menyoroti pembayaran tak lazim yang dilakukan Uber beberapa tahun lalu, melansir BBC.

Disebutkan jika kepolisian Indonesia menjelaskan kepada Uber jika kantor mereka yang terletak di Jakarta berada di wilayah yang seharusnya tak diperbolehkan untuk membuka usaha. Namun sumber Bloomberg mengungkap ada seorang karyawan Uber yang beberapa kali mengirim uang kepada polisi.

Baca juga: Penampakan Aplikasi Uber yang Sudah Mati di Indonesia

Transaksi itu muncul dalam laporan pengeluaran dengan menyebut rincian pembayaran kepada aparat.Masih menurut sumber Bloomberg, Uber telah memecat karyawan tersebut dan Direktur Bisnis Uber di Indonesia, Alan Jiang menyetujui laporan pengeluaran itu.

"Pihak Uber tidak dapat memberikan pernyataan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut." Kata Uber Indonesia.

Uber mengaku tengah bekerjasama dengan para penyelidik yang ternyata masalah ini tak hanya terbatas di Indonesia. Uber juga diselidiki atas dugaan memberi ‘uang pelicin’ kepada pejabat atau pun otoritas di Malaysia, Cina dan Korea Selatan.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)