home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Pelanggan Tak Bisa Gunakan E-Money di Tokopedia dan BukaLapak, Ini Penjelasan Bank Indonesia

Rabu, 04 Oktober 2017 10:54 by reinasoebisono | 1174 hits
Pelanggan Tak Bisa Gunakan E-Money di Tokopedia dan BukaLapak, Ini Penjelasan Bank Indonesia
Image source: Antara

DREAMERS.ID - Sistem e-money memang tengah gencar digalakkan dan dianggap mempermudah hajat hidup orang banyak. Sayangnya, layanan ini dihentikan oleh Bank Indonesia terhadap sejumlah perusahaan. Karena tak bisa dipungkiri, alat bayar semacam ini juga digandrungi di perusahaan belanja online atau e-commerce.

Melansir Detik, BI telah menghentikan sementara layanan isi ulang uang elektronik atau e-money milik 4 perusahaan seperti TokoCash milik Tokopedia, ShopeePay milik Shopee, Paytren dan yang terbaru adalah BukaDompet milik Buka Lapak.

Alasannya, uang elektronik milik perusahaan tersebut belum mendapatkan izin dari BI, sehingga para konsumen yang ingin berbelanja dan mau menggunakan e-money sebagai alat bayar di e-commerce tersebut, tidka bisa menggunakannya sementara.

Baca juga: Catat, Kehilangan Uang Elektronik di Jalan Tol Bisa Didenda Hingga Jutaan Lho!

Karena ternyata, selama ini penerbit uang elektronik seperti e-commerce di atas menganggap jika layanan tersebut hanya digunakan di lingkungannya saja, sehingga dinilai tak perlu mengajukan izin. Padahal uang elektronik masuk dalam regulator sistem pembayaran di Indonesia.

"Jadi, jika ada yang menerbitkan layanan dan bisa digunakan untuk pembayaran kepada pihak lain yang entitasnya berbeda dengan penerbit maka itu termasuk uang elektronik. Kemudian dana beredarnya (floating fund) mencapai Rp 1 miliar harus ajukan izin ke BI," kata Direktur Program Elektronifikasi Departemen Kebijakan dan Pengawasan Sistem Pembayaran BI, Pungky Purnomo Wibowo.

Terlebih lagi, toko yang memiliki dana beredar uang termasuk uang elektronik di atas Rp 1 miliar wajib memiliki izin. Nah, e-commerce tersebut melampaui batas beredarnya uang sehingga harus memiliki lisensi BI.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada Jakarta yang akan memilih Gubernurnya alias Pilgub di akhr tahun 2024 ini diprediksi masih akan jadi persaingan terpanas pemilihan kepala daerah Se Indonesia. Walaupun, statusnya sudah tidak lagi menjadi ibu kota negara Republik Indonesia....
  • HOT !
    Princess of Wales Kate Middleton belum lama ini mengumumkan kondisi kesehatannya dan mengonfirmasi ia mengidap kanker lewat sebuah video penuh haru. Pakar atau ahli Bahasa tubuh pun membeberkan arti dari gestur tubuh Kate Middleton....
  • HOT !
    Beberapa minggu belakangan kembali menyebar rumor heboh tentang Ibu Negar Perancis, Brigitte Macron yang disebut terlahir sebagai pria dan menjadi transgender wanita di kemudian hari. Padahal, rumor itu sudah berhembus tahun lalu dan dibawa ke pengadilan oleh Brigitte Macron dan ia memenangkan kasus fitnah melawan jurnalis yang mengklaim hal tersebut....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : StrongBaby
Cast : -Amber Josephine Lu f(x) -Lee Seunghyun Bigbang -Lee Gikwang B2ST -Son Dongwoon B2ST -Lot Of Cameo

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)