home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ditangkap karena Bela Setya Novanto, Fredrich Yunadi: Saya Dibumihanguskan KPK

Minggu, 14 Januari 2018 10:40 by Dits | 1904 hits
Ditangkap karena Bela Setya Novanto, Fredrich Yunadi: Saya Dibumihanguskan KPK
Dreamers.id

DREAMERS.ID -Mantan pengacara Setya Novanto, Fredrich Yunadi resmi ditangkap oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Fredrich tiba bersama petugas KPK di gedung merah putih KPK, Jakarta pada Sabtu (13/1) pukul 00.10 WIB. Mengenakan rompi oranye Fredrich pun angkat bicara mengenai penahanan yang dilakukan oleh KPK.

Sebagai seorang yang berprofesi sebagai pengacara, Fredrich menjelaskan kalau yang sudah dilakukannya selama ini hanyalah untuk membela Setya Novanto selaku kliennya. Ia melanjutkan bahwa seorang pengacara yang tengah menjalani tugasnya tidak dapat dihukum secara pidana maupun perdata.

Fredrich menyebut hal tersebut diatur dalam Pasal 16 Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2003 mengenai advokat. Undang-undang tersebut juga telah diperkuat dengan putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 26 Tahun 2013 kalau seorang pengacara tidak dapat dituntut.

"Namun sekarang saya dibumihanguskan," kata Fredrich di gedung KPK, melansir Kompas, Sabtu (13/1).

Baca juga: Omongan Mantan Pengacara Setnov yang Klaim Dirinya Kebal Hukum dan Tak Bisa Dituntut

Ia juga mengklaim kalau status tersangka dan penahanan dirinya akan berimbas pada pengacara lain. Seorang pengacara bisa saja diperlakukan sama (red: ditahan) saat tengah membela kliennya karena dianggap telah menghambat proses hukum. Ia juga menyebut kemungkinan Polri dan Kejaksaan akan meniru cara KPK.

"Hari ini saya diperlakukan oleh KPK berarti semua advokat akan diperlakukan hal yang sama. Jadi advokat dikit-dikit, menghalangi," imbuh Fredrich.

Diakui Fredrich, anak buahnya yang saat itu menyaksikan KPK menggeledah kantornya diancam akan dijerat juga dalam upaya menghambat penyidikan. Ia pun kembali menegaskan kalau dirinya tidak pernah menghalang-halangi proses hukum Novanto. Termasuk kabar yang mengatakan dirinya lah yang memesan satu blok rumah sakit untuk merawat mantan Ketua DPR RI itu.

"Itu permainan. Itu satu rangkaian skenario untuk membumihanguskan," pungkas Fredrich.

(dits)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)