home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Pengacara Setya Novanto Ungkap Proyek e-KTP Dikuasai Pemenang Pemilu 2009

Kamis, 25 Januari 2018 19:15 by Dits | 1463 hits
Pengacara Setya Novanto Ungkap Proyek e-KTP Dikuasai Pemenang Pemilu 2009
image source: kompas.com

DREAMERS.ID -Sidang mantan Ketua DPR RI Setya Novanto kembali digelar pada Kamis (25/1) di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta. Dalam sidang kasus korupsi pengadaan KTP elektronik (e-KTP), politisi Partai Demokrat Mirwan Amir didapuk untuk bersaksi. Mirwan lantas menyebut nama Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dalam kesaksiannya tentang proyek e-KTP.

Pengacara Setya Novanto, Firman Wijaya menilai kalau keterangan saksi telah mengungkap sosok aktor besar di balik kasus e-KTP. Menurut Firman, proyek e-KTP dikuasai oleh pemenang pemilu pada 2009 yang tak lain adalah Partai Demokrat yang dipimpin SBY.

"Mirwan bilang, dia sampaikan kepada pemenang Pemilu 2009 bahwa urusan e-KTP ini ada masalah, jangan dilanjutkan. Tapi instruksinya tetap diteruskan. Jadi jelas yang namanya intervensi, ini yang disebut kekuasaan besar," ujar Firman seperti yang dilansir dari laman Kompas, Kamis (25/1).


Firman Wijaya (image source: Tirto)

Berdasarkan keterangan saksi, Firman melihat kalau kliennya bukanlah orang yang mengintervensi proyek e-KTP dan ada pihak yang lebih besar lainnya yang punya kepentingan dengan mega proyek tersebut.

Baca juga: Kata Setnov yang Rela Jual Rumah Lunasi Uang Pengganti Korupsi yang Dilakukannya

"Saksi Mirwan Amir tadi sudah bilang disampaikan di Cikeas," lanjut Firman.

Seperti yang diberitakan, Mirwan menyebut kalau ia sempat mendapat infromasi dari dari pengusaha Yusnan Solihin kalau proyek e-KTP bermasalah. Ia pun menyampaikan informasi tersebut kepada SBY di kediaman SBY yang berlokasi di Cikeas.

Namun saat itu SBY menolak untuk menghentikan proyek e-KTP dengan alasan jelang pelaksanaan pemilihan kepala daerah. Mirwan pun tak bisa berbuat banyak lantaran tidak punya kekuasaan.

(dits)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)