home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Makna Di Balik Ajakan Ramai-ramai Memaafkan Sukmawati Karena Puisi 'Kidung VS Azan'

Jumat, 06 April 2018 11:20 by reinasoebisono | 2777 hits
Makna Di Balik Ajakan Ramai-ramai Memaafkan Sukmawati Karena Puisi 'Kidung VS Azan'
Image source: Detik

DREAMERS.ID - Dengan segala kontroversinya melalui puisi ‘Ibu Indonesia’ yang dianggap melecehkan syariat Islam, Sukmawati Soekarnoputri telah meminta maaf secara terbuka dalam sebuah jumpa pers di Cikini, Jakarta Pusat Rabu (4/4) lalu.

Puisi Sukmawati sebelumnya menjadi sorotan karena menyinggung Azan dan cadar yang dibandingkan dengan kidung dan sari konde khas Indonesia. Setelah klarifikasi, kini banyak ajakan untuk ramai-ramai memaafkan putri dari Presiden Pertama RI, Soekarno itu.

Salah satunya datang dari Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin yang mengaku sudah bertemu dengan Sukmawati dan menyakini tidak ada niat Sukmawati untuk menyakiti hati umat Islam. Begitu juga dengan Mantan Ketum PP Muhammdaiyah, Muhammad Sirajuddin Syamsuddin yang memaknai Islam mengajarkan untuk memaafkan orang yang mengaku salah dan meminta maaf.

"Begini, menurut hemat saya, saya sudah berkomunikasi dengan Ibu Sukmawati dan saya mengenal beliau cukup baik, saya menyakini sepenuhnya bahwa tidak ada iktikad sekecil atau sedikit pun dari beliau untuk, katakanlah, menyakiti umat Islam atau melecehkan, apalagi menghina dan lain sebagainya dari puisi yang beliau buat," ujar Menag Lukman.

Baca juga: Dua Syarat Tim Pembela Ulama Cabut Laporan ke Sukmawati Meski Sudah Minta Maaf dan Menangis

"Dari sudut saya karena ibu Sukmawati sudah memohon maaf, menyadari kekeliruannya karena tak kepahamannya tentang hakikat seperti azan dan sebagainya, akhlak Islam untuk memaafkannya," ujar Din di Kantor Presiden, Jakarta Pusat, Kamis (5/4).

Sebelumnya, Sukmawati juga bertemu dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan menerangkan jika Sukmawati tidak ada niat untuk menghina Islam. Melansir Detik, MUI pun mengajak Umat Islam ramai-ramai memaafkan Sukmawati.

"(Sukmawati) memang tidak ada niatan menghina dan menodai agama Islam karena itu kami bisa memaklumi dan menyampaikan permohonan maaf beliau. Kami mengajak seluruh umat Islam untuk bisa menerima permohonan maaf beliau, tidak lagi melakukan kegiatan-kegiatan," ujar Ketum MUI KH Ma'ruf Amin.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)