home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Penjelasan Pihak Museum MACAN yang Kabarnya Dirusak Oleh Pengunjung 'Pegiat Panjat Sosial'

Senin, 21 Mei 2018 19:20 by reinasoebisono | 2237 hits
Penjelasan Pihak Museum MACAN yang Kabarnya Dirusak Oleh Pengunjung 'Pegiat Panjat Sosial'
Image source: Detik

DREAMERS.ID - Sepanjang akhir pekan kemarin, jagat media sosial diramaikan oleh protes netizen untuk netizen lainnya yang dianggap tak mampu ‘bersikap’ di museum seni MACAN (Modern and Contemporary Art in Nusantara), Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

Museum ini memang sudah jadi idola kaum milenial yang mengubah persepsi museum itu ‘kuno. Terlebih dengan hadirnya karya-karya seorng seniman Jepang legendaris, Yayoi Kusama. Sayangnya, karya-karya tersebut dikatakan banyak yang rusak karena pengunjung tak bertanggungjawab.

Hal ini juga ditambah oleh beredarnya foto-foto dari Asisten Museum Amanda Aulia yang memperlihatkan beberapa barang seni tidak dalam kondisi seperti awal. Melansir Detik, contohnya adalah penyangga bola metal terbuka dan menggelinding, atau pun dots hitam khas Yayoi Kusama yang terkelupas.


Image source: Teen.co.id

"Karya di pamerannya Yayoi Kusama banyak bgt yang rusak emang orang indo budak instagram feeds semua kesel banget gue bacanya," tulis sebuah akun bernma Janitra yang kini sudah mendapatkan retweet 2,9 ribu followers. 

Tak lama, pihak Museum MACAN pun meluruskan hal tersebut dan menegaskan jika tidak ada kerusakan permanen di karya pameran ‘Yayoi Kusama: Life is the Heart of a Rainbow’. Pihak museum pun menjelaskan terkait benda-benda yang disebut rusak.

Baca juga: Dibuka Bulan Depan, Ini Harga Tiket Masuk Museum HYBE INSIGHT

"Tidak ada kerusakan permanen sama sekali di karya Yayoi Kusama," tutur Communications Officer Museum MACAN Nina Hidayat mengutip Detik. "Tak ada yang pecah atau retak sama sekali."

Menurutnya, perkara dots hitam yang tersobek itu tidak berasal dari ruang pamer namun dari ‘Obliteration Room’ yang memang mengajak pengunjung untuk berpartisipasi dan menyentuhnya langsung.

"Jadi sangat wajar kalau ada kerobekan. Sangat wajar karena itu memang partisipatif dengan pengunjung. Yang di 'Narcissus Garden', bolanya ada bergeser itu karena karya seni lingkungan yang menyatu dengan lingkungan. Flow it," kata Nina.

Mengenai foto yang disebut di-upload oleh pihak volunteer di atas menjadi viral, Museum MACAN akan menangani isu tersebut secara internal. Pihaknya juga menuturkan memang menyewa 150 museum assistant atau volunteer yang memperingatkan pengunjung dan menjaga beberapa karya seni instalasi.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)