home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Mantan Pengacara Setya Novanto: Korupsi Kejahatan Biasa, Enggak Ada yang Berlebihan

Sabtu, 02 Juni 2018 13:15 by reinasoebisono | 7981 hits
Mantan Pengacara Setya Novanto: Korupsi Kejahatan Biasa, Enggak Ada yang Berlebihan
Image source: Tempo

DREAMERS.ID - Kasus yang menjerat Setya Novanto masih bergulir. Selain kasus sandiwara kecelakaannya, kasus yang menarik perhatian tentu adalah kasus megakorupsi E-KTP. Korupsi sendiri selama ini dianggap sangat merugikan negara dan masyarakat.

Namun mantan kuasa hukum Setya Novanto memberikan pemahaman lain yang cukup mengejutkan dengan mengatakan jika korupsi bukanlah kejahatan luar biasa dan hanya dianggap sebagai persoalan biasa.

Korupsi disebut sebagai kejahatan besar lantaran pelakunya mayoritas berasal dari kalangan pejabat. Pria bernama Maqdir Ismail itu pun menilai kasus korupsi bukanlah kasus yang berlebihan.

"Sebenarnya korupsi kejahatan biasa, enggak ada yang berlebihan dari itu," kata Maqdir di Kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (2/6).

Baca juga: Kata Setnov yang Rela Jual Rumah Lunasi Uang Pengganti Korupsi yang Dilakukannya

Lebih lanjut, Maqdir mengatakan jika masyarakat Indonesia cenderung memberi kesan korupsi sebagai kejahatan luar biasa. Padahal, dalam Undang-undang Internasional, penyalahgunaan wewenang jabatan  dalam korupsi tidak masuk sebagai kejahatan luar biasa. Maqdir menuturkan jika korupsi hanyalah kejahatan jabatan yang di dalamnya terdapat suap menyuap.

"Kita harus melihat bahwa yang aneh, korupsi kita mau kesankan sebagai kejahatan luar biasa, kalau kita lihat di Undang-Undang Internasional, khususnya kejahatan luar biasa itu tidak masuk," ungkapnya.

"Tapi sebenarnya korupsi ini kejahatan jabatan," ujarnya mengutip Liputan6. "Sepanjang kalau saya sekali lagi bahwa apa pun yang kita mau sebut korupsi ini harus ada suap menyuap," ucapnya.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)