home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Wakil Presiden Afghanistan Nyaris Jadi Korban Bom Bandara Kabul yang Tewaskan Belasan Orang

Senin, 23 Juli 2018 12:31 by mikhael | 830 hits
Wakil Presiden Afghanistan Nyaris Jadi Korban Bom Bandara Kabul yang Tewaskan Belasan Orang
Image Source: dailymail.co.uk

DREAMERS.ID - Bagaikan film 'White House Down' yang menceritakan penyelamatan terhadap seorang presiden dari serangan mafia, peristiwa ini mirip dan terjadi dalam dunia nyata. Seorang Wakil Presiden Afghanistan selamat dari serangan bom teroris sesaat setelah dia meninggalkan bandara saat penjemputannya.  

Melansir Liputan6, telah terjadi ledakan bom yang mengguncang bandara di Kabul, Afghanistan, pada Minggu petang, 22 Juli 2018 waktu setempat.

Menurut polisi, ledakan tersebut terjadi sesaat setelah Wakil Presiden Rashid Dostum tiba dari pengasingan di Turki. Ia dikabarkan dalam kondisi selamat, dan tidak mengalami luka sedikitpun. Adapun sebanyak 14 orang tewas dan 60 oang lainnya luka-luka dalam kejadian ini.

Sebelumya, Dostum pergi ke Turki lebih dari setahun, sebagaimana dikutip dari BBC pada Senin (23/7/2018), dilakukan setelah dirinya dituding memerintah anak buahnya untuk menculik dan memperkosa lawan politik.

Wapres Dostum membantah hal itu, dan mengatakan ia pergi ke Turki untuk menjalani perawatan kesehatan. Di lain pihak, kelompok militan ISIS cabang Afghanistan mengklaim bertanggung jawab atas ledakan tersebut.


Image source: Liputan6

Baca juga: Sempat Viral, Agensi Chungha Kenalkan Anggota Boy Grup Baru

Hashmat Estankzai, dari Kepolisian Kabul, mengatakan kepada kantor berita AFP bahwa sembilan dari 14 orang korban tewas merupakan anggota pasukan keamanan dan petugas lalu lintas.

Dijelaskan oleh Eztankzai, ada laporan saksi mata yang menyebut pelaku berjalan kaki dengan benda mencurigakan yang terpasang di tubuhnya, dan melakukan aksi bom bunuh diri ketika memasuki gerbang bandara.

Laporan lain mengatakan bahwa konvoi Wapres Dostum belum lama bertolak dari bandara, ketika ledakan terjadi. Ia dikabarkan berada di dalam kendaraan lapis baja menuju kantor resminya di pusat kota Kabul.

Mantan panglima perang keturunan suku Uzbek itu disambut dengan meriah ketika tiba di Kabul. Tayangan televisi setempat menunjukkan Wapres Dostum menyapa para pendukung di kantornya, beberapa saat setelah ledakan terkait.

Hingga saat ini, polisi Afghanistan masih melakukan proses penyidikan di lokasi ledakan, dan memerintahkan autopsi terhadap para korban tewas serta pelaku bom bunuh diri.

(mdi)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)