home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Makna Menarik Di Balik Pesan Jokowi untuk Pemuda Pramuka yang Harus Melek Zaman 'Kekinian'

Rabu, 15 Agustus 2018 10:20 by noudi0501 | 395 hits
Makna Menarik Di Balik Pesan Jokowi untuk Pemuda Pramuka yang Harus Melek Zaman 'Kekinian'
Image source: CNN Indonesia

DREAMERS.ID - Presiden Joko Widodo berharap para generasi muda yang bergabung dalam Pramuka dapat terus merevitalisasi atau membuka diri terhadap kemajuan zaman. Salah satunya dengan meningkatkan pengetahuan hingga ke ranah digital termasuk kecerdasan buatan (artificial intelligent).

Hal ini disampaikan olehnya dalam Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Hari Pramuka Ke-57 di Lapangan Gajah Mada, Taman Rekreasi Wiladatika, Cibubur, Jakarta Timur.   

"Pramuka harus merevitalisasi dirinya agar dapat membentuk manusia-manusia Pancasila yang tangguh, tahan banting, berakhlak mulia, dan inovatif," kata Jokowi, Selasa (14/8).

"Pramuka harus dididik, bukan hanya bahasa morse, tapi juga bahasa dan pengetahuan digital, koding, artificial intelligent, semuanya harus tahu," ucap mantan Wali Kota Solo ini.

Jokowi berpesan bahwa revitalisasi diri saat ini dibutuhkan, sebab tantangan yang dihadapi berubah. Kondisi serta permasalahan yang dihadapi generasi muda saat ini berbeda dengan apa yang ada di masa lalu.

Baca juga: Resmi, Menhan Prabowo Sandang Bintang 4 Di Pundaknya

Ia menceritakan perkembangan teknologi sekarang mampu menciptakan advanced robotics dan internet of things. Revolusi Industri 4.0 kini juga disebut memiliki dampak tiga ribu kali lebih besar daripada revolusi industri pertama.

Meskipun begitu, Jokowi masih menganggap latihan baris-berbaris, mendirikan tenda, menyimpul tali sebagai hal yang masih harus dipelajari. Materi itu menurut dia dapat memupuk nilai unggul, kedisplinan, ketekunan, serta akhlak mulia.

"Nilai unggul itu yang dibutuhkan generasi muda Indonesia untuk memenangkan persaingan global di masa kini dan depan dan untuk membawa Indonesia menjadi bangsa pemenang dan jaya," ujarnya selaku pembina upacara.

Oleh sebab itu ia mengatakan pada generasi muda saat ini terutama anggota Pramuka harus selalu haus prestasi dan berkarya dalam bidang apapun. Jokowi juga mengingatkan bahwa nasib Indonesia mendatang ada di tangan generasi muda.

"Ingat dan jaga selalu Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika karena kalian tunas-tunas manusia Pancasila yang menjaga dasar negara dan merawat persatuan Indonesia," ucap Presiden.

(nou)

Komentar
  • HOT !
    Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada Jakarta yang akan memilih Gubernurnya alias Pilgub di akhr tahun 2024 ini diprediksi masih akan jadi persaingan terpanas pemilihan kepala daerah Se Indonesia. Walaupun, statusnya sudah tidak lagi menjadi ibu kota negara Republik Indonesia....
  • HOT !
    Princess of Wales Kate Middleton belum lama ini mengumumkan kondisi kesehatannya dan mengonfirmasi ia mengidap kanker lewat sebuah video penuh haru. Pakar atau ahli Bahasa tubuh pun membeberkan arti dari gestur tubuh Kate Middleton....
  • HOT !
    Beberapa minggu belakangan kembali menyebar rumor heboh tentang Ibu Negar Perancis, Brigitte Macron yang disebut terlahir sebagai pria dan menjadi transgender wanita di kemudian hari. Padahal, rumor itu sudah berhembus tahun lalu dan dibawa ke pengadilan oleh Brigitte Macron dan ia memenangkan kasus fitnah melawan jurnalis yang mengklaim hal tersebut....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Maisaveron
Cast : Jimelsa Anatasha (OC) , Nam Joo Hyuk = Alvaro Gomer Jianheeng, All Member Infinite, Kim Mi Ra

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)