home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Blak-blakan Jokowi Soal Kabinet 'Muda' Nanti, Siapa Pun Berpeluang Jadi Menteri?

Selasa, 02 Juli 2019 10:51 by reinasoebisono | 676 hits
Blak-blakan Jokowi Soal Kabinet 'Muda' Nanti, Siapa Pun Berpeluang Jadi Menteri?
Image source: Kompas

DREAMERS.ID - Presiden Jokowi mulai blak-blakan tentang pengisi kabinet kerjanya nanti di pemerintahan periode 2019-2024. Karena banyak pula kader partai politik yang merupakan profesional di bidangnya. Jokowi pun membeberkan akan seperti apa kabinetnya nanti.

Melansir Kompas, Presiden Jokowi mengaku tak akan membedakan latar belakang profesional atau partai politik dalam menyusun kabinet. Hal ini cukup mengejutkan karena berbeda dengan saat pertama kali ia terpilih menjadi presiden pada 2014.

"Kabinet diisi oleh orang ahli di bidangnya. Jangan sampai dibeda-bedakan ini dari profesional dan ini dari (partai) politik, jangan seperti itulah, karena banyak juga politisi yang profesional," kata Jokowi.

Tapi kini menurut Jokowi tak penting lagi apakah menteri itu berasal dari kalangan profesional atau parpol, yang penting setiap kementerian diisi oleh sosok yang ahli di bidangnya masing-masing.

"Yang penting setiap kementerian diisi oleh orang-orang yang ahli di bidangnya. Mengerti masalah-masalah yang ada di dalamnya sehingga gampang mengeksekusi program, gampang menyelesaikan masalah-masalah yang ada," kata Jokowi.

Baca juga: Resmi, Menhan Prabowo Sandang Bintang 4 Di Pundaknya

Pembahasan tentang kabinet ini memang masih dibahas dengan parpol Koalisi Indonesia Kerja yang mengusung Jokowi-Ma’ruf pada Pilpres 2019. Meski begitu Jokowi juga tak menutup pembicaraan dengan parpol oposisi yang hendak bergabung.

"Sudah sering saya sampaikan, kami terbuka untuk siapa pun yang ingin bersama-sama, yang ingin bekerja sama memajukan negara ini, membangun negara ini, secara terbuka," katanya lagi.

Yang perlu digarisbawahi adalah menurut Jokowi ada tantangan yang berubah di setiap periode waktu. Selain memiliki kemampuan untuk mengeksekusi program secara tepat dan cepat, kemampuan manajerial pun dibutuhkan sehingga organisasi bisa betul-betul efektif. Plus, akan banyak diwarnai anak-anak muda.

"Ya, bisa saja ada menteri umur 20-25 tahun, kenapa tidak? Tapi dia harus mengerti manajerial, dan mampu mengeksekusi program-program yang ada. Umur 30-an juga akan banyak," kata Jokowi.

Memang ada kekhawatiran anak muda belum memiliki pengalaman dalam manajemen pemerintahan, namun Jokowi menilai hal itu bisa diatasi dengan keberadaan para menteri koordinator. Karena itu, menko di empat bidang nantinya tetap diisi oleh senior yang sudah berpengalaman panjang di bidangnya.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Momen menarik terlihat di acara penetapan presiden terpilih di gedung KPU, Jakarta, Rabu (24/4) hari ini). Prabowo Subianto terlihat akan memeluk Anies Baswedan sambil mengguncang tubuh rival Pilpresnya itu setelah selesai berpidato....
  • HOT !
    Tragedi penembakan mematikan di gedung konser Moskow menelan sedikitnya 137 jiwa dan pihak Rusia bergerak cepat dengan berhasil menangkap empat orang dan mendakwa mereka. Kesemuanya didakwa melakukan Tindakan terorisme....
  • HOT !
    Badan anak anak di bawah naungan PBB, UNICEF mengatakan jika lebih dari 13.000 anak anak sudah meninggal dunia di Gaza selama serangan Israel. PBB juga menambahkan jika kini banyak anak anak yang menderita malnutrisi atau kekurangan gizi parah....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)