home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Berkaca Dari Negara Ini, Kinerja PNS Justru Meningkat Karena Bekerja Dari Rumah

Jumat, 09 Agustus 2019 16:38 by reinasoebisono | 6483 hits
Berkaca Dari Negara Ini, Kinerja PNS Justru Meningkat Karena Bekerja Dari Rumah
Image source: Detik

DREAMERS.ID - Pemerintah beberapa waktu lalu membuka wacana aparatur sipil negara (ASN) atau Pegawai Negeri Sipil (PNS) bekerja dari rumah. Ternyata usut punya usut, pemerintah berkaca dan melihat kesuksesan sistem tersebut yang telah diterapkan di negara tetangga.

Lebih tepatnya di Australia, penerapan sistem tersebut mampu mendorong produktivitas. Hal ini diungkapkan oleh Deputi bidang SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Setiawan Wangsaatmaja.

"Pengalaman di Australia, ketika hal itu diterapkan, produktivitas pegawai tercatat meningkat," katanya dalam keterangan tertulis, Jumat (9/8).

Setiawan lebih lanjut mengatakan jika PNS kerja dari rumah tidak diterapkan dalam waktu dekat. Melainkan perlu adanya system dan regulasi yang matang agar bisa bekerja layaknya perusahaan startup. Ide tersebut terus dikembangkan.

Baca juga: Ternyata Ada Hal Khusus Di Aturan Untuk PNS Selama PPKM Darurat WFH 100%

"Ada fleksibilitas dalam kerja, kita sedang merencanakan itu. Bisa kerja dari rumah, tinggal nanti kita buat aturannya," ujarnya.

Nantinya, ASN bisa bekerja di rumah tapi dengan ukuran kinerja yang jelas. Dan tidak sembarangan, karena dilakukan oleh ASN yang terbukti berkinerja baik. Pemerintah sendiri mendorong birokrasi berbasis digital sejalan dengan berkembangnya revolusi industry 4.0.

Ada sejumlah syarat untuk mewujudkan birokrasi berbasis 4.0 yaitu percepatan layanan, efisiensi layanan, akurasi layanan, fleksibilitas kerja dan berdampak social. Via Detik, terkait fleksibilitas nantinya pekerjaan aparatur sipil negara (ASN) tak harus dilakukan di kantor. Di masa mendatang, pekerjaan bisa dilakukan melalui smartphone sehingga akan efisien dan memperpendek alur birokrasi.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Momen menarik terlihat di acara penetapan presiden terpilih di gedung KPU, Jakarta, Rabu (24/4) hari ini). Prabowo Subianto terlihat akan memeluk Anies Baswedan sambil mengguncang tubuh rival Pilpresnya itu setelah selesai berpidato....
  • HOT !
    Tragedi penembakan mematikan di gedung konser Moskow menelan sedikitnya 137 jiwa dan pihak Rusia bergerak cepat dengan berhasil menangkap empat orang dan mendakwa mereka. Kesemuanya didakwa melakukan Tindakan terorisme....
  • HOT !
    Badan anak anak di bawah naungan PBB, UNICEF mengatakan jika lebih dari 13.000 anak anak sudah meninggal dunia di Gaza selama serangan Israel. PBB juga menambahkan jika kini banyak anak anak yang menderita malnutrisi atau kekurangan gizi parah....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)