home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Derita Syndrom Langka, Tubuh Pria Ini Produksi Alkohol Selama Bertahun-tahun

Rabu, 30 Oktober 2019 08:00 by Rie127 | 808 hits
Derita Syndrom Langka, Tubuh Pria Ini Produksi Alkohol Selama Bertahun-tahun
Image Source: Hello Sehat

DREAMERS.ID - Seorang pria ditemukan dalam keadaan mabuk secara terus-menerus selama 6 tahun. Namun, kondisi ini tergolong dalam kondisi misterius, karena ia mabuk tanpa mengkonsumsi minuman beralkohol yang sifatnya memabukkan.

Setelah diperiksa, kondisi mabuk itu disebabkan karena ususnya yang memproduksi minuman keras. Pria berusia 46 tahun yang tidak disebutkan namanya itu didiagnosis menderita penyakit langka bernama Auto-Brewery Syndrome (ABS) atau sindrom 'penghasil bir otomatis'.

Dikutip dari Live Science, ABS merupakan kondisi yang menyebabkan bakteri di dalam usus mampu mengubah karbohidrat menjadi alkohol yang memabukkan. Kondisi tersebut akan meningkat saat orang itu mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung gula atau karbohidrat tinggi. Kasus langka yang menimpa pria itu dipublikasikan dalam jurnal BMJ Open Gastroenterology, belum lama ini.

Gejala pertama muncul pertama kali saat pria itu mengkonsumsi antibiotik pada tahun 2011 akibat cedera di ibu jari. Obat itulah yang diduga mengganggu mikrobioma usus, komunitas mikroorganisme seperti bakteri dan jamur.

Baca juga: Kenali Jenis-jenis Minuman Alkohol Populer dari Korea Selatan

Sejak saat itu, dia terus menunjukkan perilaku mabuk berat seperti sikap agresif, kurangnya kesadaran diri, dan rendahnya konsentrasi. Dia juga pernah ditangkap karena mengemudi dalam keadaan mabuk.

Hingga dokter menemukan sindrom tersebut, tidak ada yang percaya saat pria tersebut berkata tidak pernah minum alkohol. Karena faktanya, konsentrasi alkohol dalam darahnya tercatat dua kali lipat dari batas legal. Petugas kesehatan dan polisi pun juga tidak mempercayai bahwa dia tidak pernah minum sama sekali.

Untungnya, bibi sang pria memberi tahu kalau ada pria lain yang mengalami kasus serupa di Ohio. Mereka lalu pergi ke klinik di Ohio dan melakukan sejumlah pemeriksaan seperti tes tinja dan percobaan mengonsumsi karbohidrat. Pria itu lalu menerima terapi dari Richmond University Medical Center selama dua bulan. Terapi itu berhasil mengembalikan kondisinya menjadi normal.

(Rie127)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)